Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Mewarnai Pola Batik Pada Anak Kelompok A TK Putri Serang Sumber Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015

PURNANINGSIH, WAHYU SUBKHI and , Drs. Hasto Daryanto, M.Pd. and , Junita Dwi Wardhani, SE. M,Ed (2015) Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Mewarnai Pola Batik Pada Anak Kelompok A TK Putri Serang Sumber Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (622kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (205kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Mewarnai pola batik merupakan metode yang bertujuan untuk mengasah kreativitas serta mengenal orisinalitas pola batik dengan kemasan yang menyenangkan bagi anak usia dini. Batik yang menjadi warisan leluhur Bangsa Indonesia sudah sepantasnya dilestarikan melalui pengenalan sedini mungkin kepada generasi muda. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan prosedur kerja 2 (dua) siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan 14 anak kelompok A TK Putri Serang Sumber Banjarsari. Hasil penelitian menyatakan bahwa melalui mewarnai pola batik dapat meningkatkan kreativitas dan mengenalkan pola batik kepada anak kelompok A di TK Putri Serang Sumber Banjarsari Surakarta. Adapun peningkatan rata-rata prosentase kreativitas anak dari sebelum tindakan sampai dengan siklus II yakni pra siklus 43,74%, siklus I mencapai 64,95%, siklus II mencapai 81,63% sehingga tampak jelas terjadi peningkatan signifikan terhadap kreativitas an ak melalui mewarnai pola batik di TK Putri Serang Sumber Banjarsari Surakarta

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Mewarnai Pola Batik
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 1508 not found.
Date Deposited: 29 May 2015 06:08
Last Modified: 08 Oct 2021 02:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33014

Actions (login required)

View Item View Item