Penerapan Student – Generated Questions Untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis Tentang Materi Peluang Pada Siswa Kelas XI Semester Genap SMA Negeri 1 Kartasura

Qotimah, Dewi Ratih Qusnul and , Prof. Dr. Budi Murtiyasa, M. Kom, (2015) Penerapan Student – Generated Questions Untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis Tentang Materi Peluang Pada Siswa Kelas XI Semester Genap SMA Negeri 1 Kartasura. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (815kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB 1.pdf

Download (111kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (688kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (294kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
ARTIKEL PUBLIKASI.pdf

Download (776kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis melalui Student-Generated Question pada siswa kelas XI IPA 5 semester genap SMA Negeri 1 Kartasura tahun 2014/2015. Penelitian ini berjenis penelitian tindakan kelas. Guru matematika dan peneliti bertindak sebagai subjek pemberi tindakan kelas. Sedangkan objek penelitian penerima tindakan kelas adalah 38 siswa kelas XI IPA 5 semester genap tahun ajaran 2014/2015. Pengambilan data dilakukan dengan observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari 3 alur kegiatan berlangsung secara bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian diperoleh kemampuan komunikasi matematis: (1) Kemampuan membuat pertanyaan matematika secara tertulis sebelum tindakan 13,158%, siklus I 26,316% dan siklus II 73,648%, (2) Kemampuan menyelesaikan permasalahan matematika secara tertulis sebelum tindakan 52,632%, siklus I 71,053% dan siklus II 89,474%, (3) Kemampuan mengajukan pertanyaan secara lisan sebelum tindakan 18,421%, siklus I 47,368% dan siklus II 60,526%, (4) Kemampuan menjawab pertanyaan matematika secara lisan sebelum tindakan 26,316%, siklus I 50% dan siklus II 78,947%, (5) Kemampuan mempresentasikan sebelum tindakan 13,158%, siklus I 31,579% dan siklus II 63,158%. Terjadi peningkatan kemampuan komunikasi matematis melalui penerapan Student-Generated Question.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis, Student-Generated Question
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 06 May 2015 08:46
Last Modified: 09 Oct 2021 03:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32975

Actions (login required)

View Item View Item