Peningkatan Minat Belajar Tema Organ Tubuh Manusia Dan Hewan Melalui Strategi Pembelajaran Inquiring Minds Want To Know Bagi Siswa Kelas V SD Negeri Tenggak 02 Kecamatan Sidoharjo Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2014/2015

Sukmawan, Ma’ruf Rachmad and , Dra. Risminawati, M.Pd (2015) Peningkatan Minat Belajar Tema Organ Tubuh Manusia Dan Hewan Melalui Strategi Pembelajaran Inquiring Minds Want To Know Bagi Siswa Kelas V SD Negeri Tenggak 02 Kecamatan Sidoharjo Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (155kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (631kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (594kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa Tema Organ Tubuh Manusia dan Hewan melalui penerapan Strategi Pembelajaran Inquiring Minds Want To Know bagi siswa Kelas V SD Negeri Tenggak 02 Tahun Ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah guru (peneliti) dan siswa kelas V SD Negeri Tengak 2 sebagai penerima tindakan yang berjumlah 20 siswa. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan dengan menggunakan tehnik kualitatif yang meliputi tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa dalam pembelajaran Tema Organ Tubuh Manusia dan Hewan Subtema Tubuh Manusia. Hal ini dapat dilihat dari minat belajar siswa pada pra siklus 37,5 dan siklus I meningkat menjadi 68,75% l. Pada siklus II masih menerapkan strategi Inquiring Minds Want To Know dan mengalami peningkatan dengan rata – rata presentase minat belajar menjadi 86,25%. Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Inquiring Minds Want To Know dapat meningkatkan minat belajar siswa Tema Organ Tubuh Manusia dan Hewan kelas V SD Negeri Tenggak 2 Tahun Ajaran 2014/2015.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: minat, inquiring minds want to know
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 05 May 2015 07:39
Last Modified: 12 Oct 2021 05:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32932

Actions (login required)

View Item View Item