Rahmadani, Wahyu Bintari and , Dra. Risminawati, M.Pd (2015) Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Melalui Strategi Pembelajaran Example Non Example Pada Tema Hidup Bersih Dan Sehat Siswa Kelas II Di SD Negeri Jatibatur 3 Gemolong Sragen Tahun Ajaran 2014/ 2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (242kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (23kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (81kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (55kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (32kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (14kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
PDF (Naskah PublikasiLampiran)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (160kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui strategi pembelajaran example non example pada tema Hidup Bersih dan Sehat siswa kelas II di SD Negeri Jatibatur 3, Gemolong, Sragen tahun ajaran 2014/ 2015. Subjek pemberi tindakan dalam penelitian ini adalah guru (peneliti), subjek penerima tindakan adalah seluruh siswa kelas II SD Negeri Jatibatur 3 tahun ajaran 2014/ 2015 yang berjumlah 22 siswa. Objek tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran example non example, objek hasil tindakan adalah peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Uji validasi data dengan cara triangulasi. Teknik analisis data yang dilakukan terdiri dari empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil analisis penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa kelas II, sebagai berikut: pertama, dapat dilihat dari motivasi belajar siswa yang terdiri dari lima indikator. Indikator hasrat dan keinginan berhasil sebelum tindakan sebesar 52,73% dan meningkat pada siklus II sebesar 81,82%. Indikator tekun menghadapi tugas sebelum tindakan sebesar 50,00% dan meningkat pada siklus II sebesar 79,09%. Indikator ulet menghadapi kesulitan sebelum tindakan sebesar 49,09% dan meningkat pada siklus II sebesar 78,18%. Indikator senang dan rajin belajar sebelum tindakan sebesar 50,00% dan meningkat pada siklus II sebesar 80,00%. Indikator senang mencari dan memecahkan soal-soal sebelum tindakan sebesar 48,18% dan meningkat pada siklus II sebesar 75,45%. Kedua, dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa yang semula sebelum tindakan sebesar 59,09%, mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 68,18%, dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 86,36%. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan strategi example non example dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas II di SD Negeri Jatibatur 3 Gemolong, Sragen, Tahun Ajaran 2014/2015.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi, Hasil Belajar, Strategi Pembelajaran Example Non Example |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 05 May 2015 05:04 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 05:19 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32925 |
Actions (login required)
View Item |