Penerapan Metode Outdoor Study Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Taji Tahun Ajaran 2014/2015

Kurniawati, Hana Indah and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2015) Penerapan Metode Outdoor Study Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Taji Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
03. HALAMAN AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Bab I)
04. BAB I.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Bab II)
05. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] PDF (Bab III)
06. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] PDF (Bab IV)
07. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] PDF (Bab V)
08. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img] PDF (Dafatr Pustaka)
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
02. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (303kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran IPA. Jenis dari penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah guru kelas IV SD Negeri 01 Taji sebagai subjek yang memberikan tindakan serta siswa kelas IV yang berjumlah 16 orang sebagai subyek yang menerima tindakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari: (1) aktivitas siswa, adapaun persentase kenaikan aktivitas siswa yaitu: a) antusiasme siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran meningkat dari 53,12% menjadi 87,50%, b) aktivitas belajar siswa dalam diskusi kelompok meningkat dari 62,50% menjadi 90,62%, c) aktivitas siswa dalam melaksanakan pembelajaran meningkat dari 50% menjadi 87,50%. (2) hasil belajar, adapun peningkatan persentase hasil belajar siswa yaitu: pada siklus I siswa yang mencapai KKM sebanyak 9 siswa atau 59,37% meningkat pada siklus II siswa yang mencapai KKM sebanyak 14 siswa sebesar 87,50%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metode Outdoor Study dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode Outdoor Study , aktivitas belajar, hasil belajar, pembelajaran IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 May 2015 03:46
Last Modified: 12 Oct 2021 05:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32914

Actions (login required)

View Item View Item