Kurniawati, Hana Indah and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2015) Penerapan Metode Outdoor Study Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Taji Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
03. HALAMAN AWAL.pdf Download (2MB) |
|
PDF (Bab I)
04. BAB I.pdf Download (28kB) |
|
PDF (Bab II)
05. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (113kB) |
|
PDF (Bab III)
06. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (73kB) |
|
PDF (Bab IV)
07. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (175kB) |
|
PDF (Bab V)
08. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (26kB) |
|
PDF (Dafatr Pustaka)
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (20kB) |
|
PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (23MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
02. NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (303kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran IPA. Jenis dari penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah guru kelas IV SD Negeri 01 Taji sebagai subjek yang memberikan tindakan serta siswa kelas IV yang berjumlah 16 orang sebagai subyek yang menerima tindakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari: (1) aktivitas siswa, adapaun persentase kenaikan aktivitas siswa yaitu: a) antusiasme siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran meningkat dari 53,12% menjadi 87,50%, b) aktivitas belajar siswa dalam diskusi kelompok meningkat dari 62,50% menjadi 90,62%, c) aktivitas siswa dalam melaksanakan pembelajaran meningkat dari 50% menjadi 87,50%. (2) hasil belajar, adapun peningkatan persentase hasil belajar siswa yaitu: pada siklus I siswa yang mencapai KKM sebanyak 9 siswa atau 59,37% meningkat pada siklus II siswa yang mencapai KKM sebanyak 14 siswa sebesar 87,50%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metode Outdoor Study dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode Outdoor Study , aktivitas belajar, hasil belajar, pembelajaran IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 04 May 2015 03:46 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 05:08 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32914 |
Actions (login required)
View Item |