Studi Komparasi Antara Crossword Puzzle Dan Word Square Terhadap Hasil Belajar Dengan Tema Cita-Citaku Pada Siswa Kelas IV SDN 3 Matesih Tahun Pelajaran 2014/ 2015

Rosyadi, Ridwan and , Dra. Ratnasari Diah Utami, M. Si., M.Pd. (2015) Studi Komparasi Antara Crossword Puzzle Dan Word Square Terhadap Hasil Belajar Dengan Tema Cita-Citaku Pada Siswa Kelas IV SDN 3 Matesih Tahun Pelajaran 2014/ 2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (745kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (150kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (423kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (475kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (153kB)
[img] PDF (LAmpiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (586kB)

Abstract

Tujuan penelitian: 1. Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas IV SDN 3 Matesih antara Crossword Puzzle dan Word Square. 2. Mengetahui hasil belajar yang lebih baik antara Crossword Puzzle dan Word Square pada siswa kelas IV SDN 3 Matesih. Populasi seluruh siswa kelas IV SDN 3 Matesih. Pengambilan sampel dengan purposive sampling yang mengambil sampel dari keseluruhan populasi. Sampel terdiri dari dua kelompok, yaitu siswa kelas IVA berjumlah 26 siswa sebagai kelas eksperimen 1 dikenai strategi Crossword puzzle dan siswa kelas IVB berjumlah 26 siswa sebagai kelas eksperimen dikenai strategi Word Square. Metode pengumpulan data: tes, dokumentasi, observasi dan wawancara. Teknik analisis data uji t, dan uji prasyarat analisis yaitu uji keseimbangan dengan uji F, uji normalitas dengan metode Lilliefors dan uji homogenitas dengan metode Bartlett. Dari analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh kesimpulan: 1. Tidak ada perbedaan hasil belajar melalui strategi Crossword Puzzle dan Word Square pada siswa kelas IV SDN 03 Matesih. Berdasarkan uji t diperoleh thitung < ttabel, yaitu 1,108 < 2,009. 2. Hasil belajar siswa kelas IV SDN 03 Matesih melalui strategi Crossword Puzzle lebih baik daripada melalui strategi Word Square. Berdasarkan rata-rata kelas eksperimen 1 > ratarata kelas eksperimen 2, yaitu 86 > 77.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Crossword Puzzle, Word Square, hasil belajar tema.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 30 Apr 2015 08:01
Last Modified: 12 Oct 2021 04:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32892

Actions (login required)

View Item View Item