Kartika, Dian and , Prof. Dr. Yetty Sardjono, M.Si (2015) Peningkatan Keaktifan Belajar IPS Terpadu Dengan Penerapan Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas VII E SMP Negeri 3 Colomadu Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (940kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (172kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (248kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (213kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) |
|
PDF (bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (14kB) |
|
PDF (Lampiran)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (320kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar IPS Terpadu dengan penerapan metode problem based learning pada siswa kelas VII E SMP Negeri 3 Colomadu Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif antara guru IPS Terpadu dengan peneliti. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Siswa kelas VII E adalah subyek penerima tindakan yang berjumlah 32 siswa dan guru IPS Terpadu sebagai subyek pemberi tindakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan saat penelitian adalah teknik observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan keaktifan belajar IPS Terpadu menggunakan metode problem based learning. Sebelum pelaksanaan siklus ratarata keaktifan belajar siswa sebesar 32,39%. Pada pelaksanaan siklus I rata-rata keaktifan belajar meningkat menjadi 53,64%. Pada siklus II rata-rata keaktifan belajar siswa meningkat sebesar 81,24%. Hal ini berarti peningkatan keaktifan belajar mencapai indikator keberhasilan lebih dari 75%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan penerapan metode problem based learning dapat meningkatkan keaktifan belajar IPS Terpadu siswa kelas VII E SMP Negeri 3 Colomadu Tahun Ajaran 2014/2015.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keaktifan belajar, metode problem based learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 06 Apr 2015 07:53 |
Last Modified: | 10 Oct 2021 14:07 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32638 |
Actions (login required)
View Item |