Peningkatan Keaktifan Belajar IPS Terpadu Dengan Penerapan Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas VII E SMP Negeri 3 Colomadu Tahun Ajaran 2014/2015

Kartika, Dian and , Prof. Dr. Yetty Sardjono, M.Si (2015) Peningkatan Keaktifan Belajar IPS Terpadu Dengan Penerapan Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas VII E SMP Negeri 3 Colomadu Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (940kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (172kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] PDF (bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar IPS Terpadu dengan penerapan metode problem based learning pada siswa kelas VII E SMP Negeri 3 Colomadu Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif antara guru IPS Terpadu dengan peneliti. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Siswa kelas VII E adalah subyek penerima tindakan yang berjumlah 32 siswa dan guru IPS Terpadu sebagai subyek pemberi tindakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan saat penelitian adalah teknik observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan keaktifan belajar IPS Terpadu menggunakan metode problem based learning. Sebelum pelaksanaan siklus ratarata keaktifan belajar siswa sebesar 32,39%. Pada pelaksanaan siklus I rata-rata keaktifan belajar meningkat menjadi 53,64%. Pada siklus II rata-rata keaktifan belajar siswa meningkat sebesar 81,24%. Hal ini berarti peningkatan keaktifan belajar mencapai indikator keberhasilan lebih dari 75%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan penerapan metode problem based learning dapat meningkatkan keaktifan belajar IPS Terpadu siswa kelas VII E SMP Negeri 3 Colomadu Tahun Ajaran 2014/2015.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan belajar, metode problem based learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 06 Apr 2015 07:53
Last Modified: 10 Oct 2021 14:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32638

Actions (login required)

View Item View Item