Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran Sub Tema Peristiwa-Peristiwa Penting Melalui Metode Numbered Heads Together (NHT) Siswa Kelas V SD Negeri 5 Sendangharjo Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2014/ 2015

Cahyaning Tyas, Nur Indah and , Drs. M. Yahya, M.Si (2015) Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran Sub Tema Peristiwa-Peristiwa Penting Melalui Metode Numbered Heads Together (NHT) Siswa Kelas V SD Negeri 5 Sendangharjo Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2014/ 2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Manuscript publication)
NASKAH PUBLIKASI INDAH.pdf

Download (440kB)
[img] PDF (Front page)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Chapter I)
BAB I.pdf

Download (150kB)
[img] PDF (Chapter II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[img] PDF (Chapter III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] PDF (Chapter IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (709kB)
[img] PDF (Chapter V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] PDF (References)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (119kB)
[img] PDF (Appendix)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan Penelitian Ini Adalah Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran Sub Tema Peristiwa – Peristiwa Penting Melalui Metode Numbered Heads Together (NGT) Pada Siswa Kelas V SD Negeri 5 Sendangharjo Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2014/2015. Jenis Penelitian Ini Adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Yang Terdiri Dari Dua Siklus, Dimana Setiap Siklus Dilaksanakan Dalam Dua Kali Pertemuan. Subjek Penelitian Yang Dikenai Tindakan Adalah Siswa Kelas V SD Negeri 5 Sendangharjo Yang Berjumlah 16 Siswa, Subjek Pelaku Tindakan Yaitu Peneliti Yang Bertindak Sebagai Guru. Objek Penelitian Ini Yaitu Pembelajaran Sub Tema Peristiwa – Peristiwa Penting Melalui Metode Numbered Head Together (NHT). Teknik Pengumpulan Data Yang Digunakan: Observasi, Wawancara, Tes Dan Dokumentasi. Teknik Analisis Data Yang Digunakan Deskriptif Kualitatif Yang Meliputi Tahap Pengumpulan Data, Tahap Reduksi Data, Tahap Penyajian Data, Dan Penarikan Kesimpulan. Hasil Penelitian Menunjukkan Bahwa Adanya Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Yang Dapat Dilihat Dari Peningkatan Nilai Rata-Rata Dan Prosentase Ketuntasan Pada Setiap Siklusnya. Pada Kondisi Awal Sebelum Dilaksanakan Tindakan Prosentase Ketuntasan Sebesar 23%, Siklus I Prosentase Ketuntasan Sebesar 34%. Pada Siklus II Dengan Prosentase Ketuntasan Sebesar 74% .Selain Itu, Keterampilan Guru Dan Aktivitas Siswa Yang Diamati Dalam Lembar Observasi Juga Mengalami Peningkatan. Kesimpulan Penelitian Ini Adalah Bahwa Media Pembelajaran Numered Heads Together (NHT) Dapat Meningkatkan Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran Sub Tema – Tema Peristiwa Penting Pada Siswa Kelas V SD Negeri 5 Sendangharjo Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2014/2015.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Belajar, Numered Heads Together (NHT)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 4404 not found.
Date Deposited: 31 Mar 2015 02:21
Last Modified: 10 Oct 2021 03:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32602

Actions (login required)

View Item View Item