Penerapan Metode DRILL Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas V SD Islam Ar-Rahman Slogohimo 2013/2014

Bautty, Venny and , Dr. Ari Anshori, M.Ag and , Drs. Arief Wibowo, M.Ag (2014) Penerapan Metode DRILL Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas V SD Islam Ar-Rahman Slogohimo 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab 1)
BAB I.pdf

Download (173kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)
[img] PDF (Bab 6)
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (182kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Naskah publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (512kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah Mendiskripsikan penerapan metode drill dalam pembelajaran materi al-Qur’an di SD Islam Ar-Rahman Slogohimo dan untuk mengetahui hasil pembelajaran dari penerapan metode drill dalam materi al- Qur’an SD Islam Ar-Rahman Slogohimo. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi teknik analisis data dari penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah keterampilan siswa dalam membaca al- Qur’an meningkat melalui penerapan metode drill pada siswa kelas V SD Islam Ar-Rahman Slogohimo. Menjadikan siswa fokus pada materi yang diajarkan oleh guru dan siswa lebih aktif bertanya. Siswa juga melakukan banyak diskusi dengan teman-temannya hal tersebut dapat dilihat pada peningktan hasil belajar sebelum perbaikan, siswa yang mendapat nilai 70 ke atas ada 6 siswa atau (29%) dari 21 siswa. Pada perbaikan pembelajaran siklus I ada peningkatan siswa mendapat nilai 70 ke atas sebanyak 10 siswa atau atau (48%) dari 21 siswa. Selanjutnya pada perbaikan pembelajaran siklus II ada peningkatan yang bagus yaitu siswa yang mendapat nilai 70 ke atas atau tuntas sebanyak 19 siswa atau (90%).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode drill, membaca al-qur’an
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 24 Mar 2015 07:41
Last Modified: 19 Oct 2021 14:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32525

Actions (login required)

View Item View Item