Program Acara Edutainment “Si Bolang” dan Wawasan Anak (Studi Korelasi Antara Aktivitas Menonton Program Acara Edutainment “Si Bolang” di Trans7 dengan Wawasan Murid Kelas V SD Negeri Mojo Mulyo Ii Kabupaten Sragen )

Wicaksono, Brilyan Miraj and , Drs. Joko Sutarso, S.E, M.Si and , Agus Triyono, S.Sos., M.Si. (2014) Program Acara Edutainment “Si Bolang” dan Wawasan Anak (Studi Korelasi Antara Aktivitas Menonton Program Acara Edutainment “Si Bolang” di Trans7 dengan Wawasan Murid Kelas V SD Negeri Mojo Mulyo Ii Kabupaten Sragen ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
9R. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Halaman Depan)
2. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BAB I)
3. BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BAB II)
4. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] PDF (BAB III)
5. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[img] PDF (BAB IV)
6. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (138kB)
[img] PDF (Lampiran)
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Program Acara Edutainment “Si Bolang” di TRANS7 merupakan program acara televisi yang cukup digemari masyarakat khususnya anak-anak. Program tersebut merupakan salah satu tayangan anak yang mengandung berbagai unsur pendidikan. Peneliti memilih acara edutainment “Si Bolang” untuk diteliti, karena acara tersebut merupakan acara yang sangat mendidik dan menarik bagi masyarakat luas khususnya anak-anak. Acara tersebut dapat dikategorikan dalam sebuah tayangan yang dapat menambah wawasan nusantara bagi audience. Dalam penelitian ini, peneliti akan mencari hubungan antaran aktivitas menonton acara edutainment “Si Bolang” dengan wawasan anak khususnya murid kelas V SD Negeri Mojo Mulyo II kabupaten Sragen. Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, maka terdapat hubungan positif yang signifikan antara aktivitas menonton “Si Bolang” di TRANS7 dengan wawasan siswa tersebut. Terbukti dari hasil analisis korelasi Rank Spearman pada Wawasan siswa kelas V SD yang memperoleh nilai koefisien korelasi (rho) sebesar 0,530 dengan signifikansi atau nilai probabilitas 0,000 diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05). Artinya semakin tinggi aktivitas menonton “Si Bolang” di TRANS7, maka semakin tinggi wawasan siswa kelas V SD tentang kebhinekaan Indonesia yang dapat dilihat dari budaya, permainan tradisional, sosial, pariwisata, bahasa, adat istiadat, serta wawasan tentang flora dan fauna.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Progran Acara, Wawasan, Si Bolang
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1990 Broadcasting
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Users 4404 not found.
Date Deposited: 24 Mar 2015 02:53
Last Modified: 16 Oct 2021 03:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32505

Actions (login required)

View Item View Item