Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi Sebagai Media Interaksi Guru-Siswa di SMPN 1 Arjosari Pacitan

Wiranto, Sigit and , Prof. Dr. Budi Murtiyasa, M.Kom and , Drs. Budi Sutrisno, M.Pd (2014) Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi Sebagai Media Interaksi Guru-Siswa di SMPN 1 Arjosari Pacitan. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
2 Artikel Publikasi Ilmiah Sigit.pdf

Download (426kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
3 PRABAB.pdf

Download (826kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (259kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (288kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Untuk mengikuti perkembangan dunia, Kurikulum 2013 telah mulai dilaksanakan walau masih bertahap. Belum semua sekolah menyelenggarakan kurikulum baru ini dikarenakan adanya kekurangsiapan implementtasi kurikulum ini di lapangan. Ada beberapa hal baru dalam kurikulum ini, yang paling mencolok adalah dihilangkannya TIK dari muatan kurikulum. TIK merupakan sarana pembelajaran, dipergunakan sebagai media pembelajaran mata pelajaran lain. Dengan kata lain, kurikulum 2013 menuntut semua orang yang berhubungan dengan pendidikan harus ‘akrab’ dengan TIK, termasuk guru dan siswa. TIK harus mampu menjadikan alat komunikasi guru dan siswa dalam pembelajaran sehingga tercapai tujuan pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan etnografi. Tempat pelaksanaan penelitian ini adalah di SMPN 1 Arjosari Pacitan. Narasumber dalam penelitian ini meliputi Kepala Sekolah, Kepala Laboratorium TIK, staf Tata Usaha, guru dan siswa. Pengumpulan data menggunakan pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi. Teknik analisis data menggunakan versi Milles dan Huberman yakni dengan cara reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa: (1) Perkembangan penerapan TIK di SMPN 1 Arjosari masih pada tahap Applying (menerapkan). Sekolah ini belum mampu memaksimalkan kecanggihan TIK dalam pembelajaran. (2) Penggunaan TIK dalam penilaian hasil belajar masih sebatas pada persiapan adminstrasinya saja, belum menyentuh pada prosesnya. (3) Hal-hal yang dapat mendorong penerapan TIK dalam pembelajaran dan penilaian di sekolah ini adalah: Sarana dan prasarana TIK yang sudah memadai, tenaga pengajar yang sangat berkompeten karena sebagian besar sudah bersertifikat pendidik, sekolah dapat memilih siswa sesuai keinginannya serta sudah diterapkannya Kurikulum 2013. Sedangkan faktor penghambatnya adalah: Usia rata-rata guru lebih dari 40 tahun sehingga idealismenya terhadap perkmebangan mulai menurun, latar belakang kemampuan ekonomi siswa yang rendah, kecepatan akses internet yang belum memadai, serta belum adanya petugas khusus yang menangani TIK.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: TIK, pembelajaran, penilaian
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 4404 not found.
Date Deposited: 20 Mar 2015 06:04
Last Modified: 20 Oct 2021 02:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32464

Actions (login required)

View Item View Item