Implementasi Strategi Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Kolaborasi Make A Match Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu Pada Siswa Kelas VIIA1 Madrasah Tsanawiyah Negeri Surakarta 2 Tahun Ajaran 2014/2015

Yanti, Devita Damai and , Drs. Djumali, M.Pd. (2015) Implementasi Strategi Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Kolaborasi Make A Match Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu Pada Siswa Kelas VIIA1 Madrasah Tsanawiyah Negeri Surakarta 2 Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (847kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar melalui implementasi strategi pembelajaran Everyone is a Teacher Here kolaborasi Make a Match pada siswa kelas VIIA1 MTs N Surakarta 2. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan data kualitatif yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIA1 di MTs N Surakarta 2 yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data digunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data interaktif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data keaktifan siswa pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan sebesar 35%. Sedangkan dari hasil implementasi strategi pembelajaran Everyone is a Teacher Here kolaborasi Make a Match pada siklus I prosentase keaktifan siswa meningkat sebesar 52,8% siklus II mengalami peningkatan 82,3%. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa dengan implementasi strategi pembelajaran Everyone is a Teacher Here kolaborasi Make a Match dapat meningkatkan keaktifan belajar pada mata pelajaran IPS Terpadu pada siswa kelas VIIA1 MTs N Surakarta 2 tahun ajaran 2014/2015.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Everyone is a Teacher Here, Make a Match, Keaktifan belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 16 Mar 2015 07:56
Last Modified: 10 Oct 2021 13:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32359

Actions (login required)

View Item View Item