Penerapan Strategi Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VIII E Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di SMP Negeri 4 Sukoharjo Tahun Ajaran 2014/2015

VIYANTINI, Tri and , Prof. Dr. Yetty Sarjono, M.Si (2015) Penerapan Strategi Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VIII E Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di SMP Negeri 4 Sukoharjo Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (913kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (286kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (285kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN JADI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (725kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui penerapan strategi discovery learning pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII E di SMP Negeri 4 Sukoharjo tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil observasi pra siklus menunjukkan keaktifan belajar siswa dalam mata pelajaran IPS Terpadu masih rendah yaitu sebesar 31,67%, untuk mengatasi masalah tersebut peneliti melakukan kolaborasi dengan guru melalui penerapan strategi discovery learning. Setelah dilaksanakan tindakan siklus I dan siklus II diperoleh hasil bahwa melalui penerapan strategi discovery learning pada siklus I tingkat keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 48,44%, dan pada siklus II tingkat keaktifan belajar siswa meningkat menjadi 80,73%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi discovery learning dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VIII E pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 4 Sukoharjo tahun ajaran 2014/2015.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi discovery learning, keaktifan belajar siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 16 Mar 2015 07:46
Last Modified: 10 Oct 2021 13:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32358

Actions (login required)

View Item View Item