Latif, Muh Muzamil and , Umi Fadlillah, ST. MEng and , Dedy Ari Prasetya, ST.Meng (2014) Aplikasi Augmented Reality Sebagai Media Pengenalan Batik Nusantara Berbasis Android. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Halaman Depan)
1 Halaman Depan.pdf Download (550kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (98kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (440kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Download (212kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (739kB) |
Abstract
Perkembangan zaman sekarang ini menjadikan pakaian batik menjadi salah satu budaya dan kesenian yang terkenal di Indonesia. Pengenalan tentang kesenian batik biasanya dikenalkan melalui pameran atau melalui toko batik. Penelitian ini mengambil dari permasalahan tersebut agar pengenalan kesenian batik dapat berkembang dengan cara memperkenalkan media aplikasi yang lebih menarik dengan bantuan perangkat Android. Penelitian ini merancang sebuah aplikasi media pengenalan batik Nusantara dengan teknologi Augmented Reality yang nantinya aplikasi ini dapat menghasilkan produk yang bermanfaat. Perancangan aplikasi dilakukan dengan pembuatan objek 3D dari software Blender 3D yang kemudian diproses ke software Unity 3D dengan tambahan Vuforia SDK sebagai perancangan utama aplikasi. Proses Unity 3D selanjutnya akan di build menjadi file APK dan dipasang ke perangkat android. Aplikasi AR Batik ini memiliki perbedaan dari aplikasi Pengenalan Batik Indonesia yaitu menampilkan objek 3D baju batik beserta informasi batik, mengenalkan 32 motif beserta informasi batik di Nusantara sedangkan aplikasi Pengenalan Batik Indonesia mengenalkan 6 motif batik beserta informasi. Aplikasi yang dihasilkan memiliki kelebihan seperti menampilkan objek 3D, berfoto dengan simulasi baju batik 3D, informasi tentang batik. Penelitian ini juga menggunakan metode kuisioner yang telah diuji pada beberapa masyarakat dan pekerja batik. Pernyataan yang diperoleh dari 3 masyarakat dan 2 pekerja batik dapat disimpulkan bahwa aplikasi dapat dijalankan dengan mudah dengan persentase 68%, tampilan menarik dengan persentase 72%, secara umum aplikasi bermanfaat dengan persentase 72%, dan pengenalan batik dengan tambahan teknologi Augmented Reality menjadikan media pengenalan lebih menarik.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Android, Augmented Reality, batik, Blender 3D, Unity 3D |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Elektro |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 13 Mar 2015 03:23 |
Last Modified: | 17 Oct 2021 13:21 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32308 |
Actions (login required)
View Item |