Dewa, Aditya Sita Cahya and , Dra. Umrotun, M.Si and , Drs. Dahroni, M.Si (2014) Analisis Keterpaduan Angkutan Umum Terhadap Karakteristik Dan Perkembangannya Di Kota Surakarta Tahun 2011 - 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (485kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (783kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (70kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (481kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (31kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (9kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Permasalahan mengenai keterpaduan moda angkutan umum perkotaan dapat dicerminkan dari karakteristik moda angkutan umum dan perkembangan sarana prasarana transaportasi yang ada. Penelitian yang berjudul “Analisis Keterpaduan Angkutan Umum Terhadap Karakteristik Dan Perkembangannya Di Kota Surakarta Tahun 2011 – 2013” yang bertujuan untuk menganalisis tingkat keterpaduan dari masing – masing moda angkutan umum di daerah penelitian di Kota Surakarta serta untuk mengetahui karakteristik dan perkembangan modal angkutan umum di Kota Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode survai dengan penentuan daerah penelitian menggunakan metode purpose. Sedangkan untuk menentukan jumlah responden digunakan metode incidental sampling atau sampling kebetulan. Jenis data yang dikumpulkan adalah data primer dan sekunder. Data primer yang dikumpulkan meliputi umur penumpang, pekerjaan penumpang, kepemilikan kendaraan, frekuensi perjalanan rata – rata, moda transportasi yang digunakan, daerah asal penumpang, jumlah pergantian modaangkutan umum, dan kesulitan yang dialami penumpang yang disajikan dalam bentuk tabel frekuensi. Sedangkan data sekunder meliputi data statistik Kota Surakarta, PDRB (Produk Domestik Regional Bruto), RUTRK (Rencana Undang – Undang Tata Ruang Kota) Surakarta, data kondisi jalan, peta jaringan jalan, serta jadwal keberangkatan kereta api di Solo Balapan. Dari hasil data diketahui bahwa penumpang sebagian besar berumur antara 17 – 50 tahun. Bila dilihat dari mata pencahariannya, sebagian besar penumpang moda angkutan umum di daerah penelitian merupakan pelajar/mahasiswa, pegawai/swasta. Perkembangan moda angkutan umum di Kota Surakarta dari Tahun 2011 – 2013 mengalami penurunan.Tingkat kepemilikan kendaraan pribadi sebesar 34% dan yang tidak mempunyai kendaraan pribadi sebesar 66%. Dengan demikian moda angkutan umum khususnya bis menjadi pilihan utama dengan tingkat karakteristik tinggi. Hal ini disebabkan tarif untuk angkutan umum khususnya bis lebih murah daripada angkutan umum lainnya. Kesulitan yang dialami oleh para penumpang moda angkutan umum di titik – titik penelitian yang mengalami kesulitan dalam klasifikasi rendah dikarenakan jumlahnya tidak sebanyak para penumpang yang tidak mengalami kesulitan yaitu sebanyak 55 %. Untuk keterpaduan moda angkutan umum di semua titik pengamatan tingkat keterpaduannya termasuk sedang khusus untuk di THB Jebres ada 20% yang tingkat keterpaduannya rendah.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterpaduan, karakteristik, dan perkembangan moda transportasi |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Geografi > Geografi Fakultas Geografi > Geografi Fakultas Geografi > Geografi |
Depositing User: | Users 4404 not found. |
Date Deposited: | 27 Feb 2015 06:49 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 08:06 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32129 |
Actions (login required)
View Item |