EFEKTIVITAS STRATEGI TRUE OR FALSE DAN CARD SORT DALAM PEMBELAJARAN FIQH DI KELAS VIII SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2008/2009

PUJI ASTUTI, JATMI (2009) EFEKTIVITAS STRATEGI TRUE OR FALSE DAN CARD SORT DALAM PEMBELAJARAN FIQH DI KELAS VIII SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
G000050001.pdf

Download (195kB)
[img] PDF
G000050001.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran di kelas dengan menggunakan strategi atau metode mempunyai andil yang cukup besar dalam upaya mencapai tujuan. Karena metode menjadi pelicin jalan dan salah satu alat untuk mencapai tujuan pengajaran yang memungkinkan materi pelajaran tersusun dalam suatu kurikulum pendidikan. Strategi pengajaran yang tidak tepat guna akan menjadi penghalang kelancaran jalannya proses belajar mengajar. Oleh karena itu, seorang guru harus terampil memilih strategi yang tepat sesuai dengan karakterisrik mata pelajaran dan siswa. Strategi ini baru mendapatkan suatu hasil yang optimal jika mampu dipergunakan untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. Untuk mencapai tujuan tersebut, salah satu yang diterapkan yaitu menggunakan Strategi pembelajaran yang tepat dan efisien. Dalam penelitian ini pembelajaran yang dilakukan adalah dengan strategi True or False dan Card Sort. Penelitian ini mengambil judul “ Evektifitas Strategi True or False dan Card Sort dalam pembelajaran Fiqh kelas VIII di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta tahun pelajaran 2008 / 2009. Tujuan untuk mengetahui Efektivitas strategi “ True or False dan Card Sort bila digunakan dalam pembelajaran Fiqh kelas VIII di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta tahun ajaran 2008 / 2009. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan penelitian populasi yaitu seluruh siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta tahun pelajaran 2008 / 2009. Teknik pengumpulan datanya menggunakan Treatment, observasi, interview dan dokumentasi, sedangkan untuk menganalisis data, penulis meggunakan rumus t-test t dengan cara membandingkan analisis hitung mendapatkan sebesar 3,97; sedangkan t tabel = 2,03 dan t tabel = 2,72 maka adalah lebih besar dari pada taraf signifikansi 1 % . Secara kualitatif dari pengalaman proses belajar mengajar siswa dan guru dengan menerapkan dua strategi yang berbeda yaitu True or False dan Card Sort ditandai dengan siswa aktif dalam proses pembelajaran, dapat bekerjasama dengan siswa yang lain dan dapat menganalogikan kata yang sama. Sedangkan peran guru disini adalah sebagai fasilitator. Dalam penelitian ini diperoleh bahwa strategi Card Sort lebih efektif daripada strategi True or False bila digunakan dalam pembelajaran Fiqh kelas VIII di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta. hal ini dilihat ketika guru menyampaikan materi dengan strategi tersebut siswa dapat bekerjasama dan mengelompokkan kata yang sesuai dengan kategori yang dimaksud dengan senang dan proses pembelajaran tidak membosankan Guru sebagai pengajar harus mampu mengembangkan strategi yang tepat sesuai dengan karakteristik siswa dan disesuaikan dengan gaya belajar siswa yang beragam dengan begitu proses pembelajaran akan berjalan efektif.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi pengajaran, Strategi pembelajaran, Fiqh
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Jun 2009 07:43
Last Modified: 03 Jan 2012 10:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3211

Actions (login required)

View Item View Item