Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Permainan Puzzle Angka Terhadap Anak Kelompok A TK Pertiwi 1 Plumbon Kecamatan Sambungmacan Kabupaten Sragen Tahun 2014/2015

WINARTI, Eny and , Drs. Sumardi, M.Si (2014) Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Permainan Puzzle Angka Terhadap Anak Kelompok A TK Pertiwi 1 Plumbon Kecamatan Sambungmacan Kabupaten Sragen Tahun 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
2. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
3. BAB 1.pdf

Download (73kB)
[img] PDF (Bab II)
4. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] PDF (Bab III)
5. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] PDF (Bab IV)
6. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[img] PDF (Bab V)
7. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (62kB)
[img] PDF (Lampiran)
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
9RR. NASKAH PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak melalui puzzle angka. Dengan jenis penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penelitian ini adalah anak didik kelompok A di TK Pertiwi Plumbon 1 Desa Plumbon, Kecamatan Sambungmacan, Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas dan kepala sekolah. Metode pengumpulan data melalui observasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan secara analisis deskriptif kualitatif dengan dua siklus, yang setiap siklusnya dilakukan dua kali pertemuan dengan anak didik. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perkembangan kemampuan berhitung permulaan anak melalui puzzle angka, yakni sebelum tindakan 31%, siklus I pertemuan I mencapai 44%, siklus I pertemuan II mencapai 62%, siklus II pertemuan I mencapai 69% dan siklus II pertemuan II mencapai 87%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu upaya peningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak dapat dilakukan melalui puzzle angka pada anak kelompok A di TK Pertiwi Plumbon 1 Desa Plumbon, Kecamatan Sambungmacan, Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2014/2015.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan berhitung permulaan, puzzle angka
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 16 Feb 2015 07:14
Last Modified: 20 Oct 2021 23:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31888

Actions (login required)

View Item View Item