Pengembangan Ketrampilan Sosial Melalui Permainan Semut Guyub pada Anak Kelompok B Semester Gasal Di TK DHARMA WANITA I Patihan Sidoharjo Sragen Tahun 2014/2015

Bit o’ati,, Ririn and , Drs. H. M. Yahya, M.Si. (2014) Pengembangan Ketrampilan Sosial Melalui Permainan Semut Guyub pada Anak Kelompok B Semester Gasal Di TK DHARMA WANITA I Patihan Sidoharjo Sragen Tahun 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
3. BAB 1.pdf

Download (84kB)
[img] PDF (Bab II)
4. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img] PDF (Bab III)
5. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (641kB)
[img] PDF (Bab IV)
6. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
7. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (98kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN JADI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
9RR. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (755kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan ketrampilan sosial anak melalui permainan semut guyub di TK Dharma Wanita l Patihan Sidoharjo Sragen. Jenis Penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas, subyek penelitian adalah peserta didik kelompok B.Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi untuk mengetahui pengembangan ketrampilan sosial anak. Analisis data melalui analisis komparatif untuk menganalisis data kegiatan pengembangan ketrampilan sosial ,yaitu bersedia bermain dengan teman sebaya, membantu memecahkan masalah, bekerjasama, toleransi, mengekspresikan perasaan.Data tentang Ketrampilan Sosial anak dalam pembelajaran diperoleh dari lembar observasi yang dianalisis dengan teknik persentase. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata persentase ketrampilan sosialanak 27%, pada siklus l rata-rata persentase63%, sedangkan siklus ll rata-ratanya 82 %. Hal ini menunjukkan bahwa ketrampilan sosial anak mengalami peningkatan dari sebelum tindakan sampai dilakukan siklus ll. Jadi dapat disimpulkan bahwa permainan semut guyub dalam pembelajaran dapat meningkatkan perkembangan ketrampilan anak.Disini peneliti menyarankan bahwa untuk penelitian selanjutnya agar dapat lebih meningkatkan fungsi darikegiatan bermain pada pembelajaran anak, yang merupakan karya inovasi yang dapat meningkatkan lebih banyak aspek yang harus dikembangkan untuk anak usia dini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ketrampilan Sosial, Permaianan Semut Guyub
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 4404 not found.
Date Deposited: 16 Feb 2015 06:12
Last Modified: 20 Oct 2021 23:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31879

Actions (login required)

View Item View Item