NUGROHO, KARTIKO DWI and , Drs. Ariyanto, M.Pd (2014) Peningkatan Pemahaman Konsep Belajar Matematika Siswa Melalui Metode Pembelajaran Problem Solving (Penelitian PTK Pada Siswa Kelas VII H SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (216kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (97kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (143kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (103kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (89kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (251kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep belajar matematika siswa melalui metode pembelajaran Problem Solving pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo tahun ajaran 2013/2014. Jenis penelitian adalah PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai penelitian ini adalah siswa kelas VII H SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo, yang berjumlah 32 anak. Metode pengumpulan data pada penelitian ini meliputi metode observasi, catatan lapangan, metode dokumentasi dan metode tes. Teknik analisi data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur meliputi pengumpulan data, penyajian data, dan verifikasi data. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus-menerus, triangulasi sumber dan metode. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah adanya peningkatan pemahaman konsep belajar matematika siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator pemahaman konsep belajar siswa meliputi: 1) siswa yang dapat mengaplikasikan konsep dalam pemecahan masalah (18,75%), pada siklus I meningkat menjadi 28,13%, dan pada siklus II meningkat menjadi 46,88%, 2) siswa yang memberi tanggapan tentang jawaban siswa lain (21,88%), pada siklus I meningkat menjadi 34,38%, dan pada siklus II meningkat menjadi 53,13%, 3) siswa yang percaya terhadap kemampuan sendiri (12,5%), pada siklus I meningkat menjadi 25,00%, dan pada siklus II meningkat menjadi 43,75%, 4) siswa yang dapat membuat kesimpulan (28,13%, pada siklus I meningkat menjadi 43,75%, dan pada siklus II meningkat menjadi 65,63%). Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan pemahaman konsep belajar matematika siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pemahaman konsep, Problem Solving, Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 27 Jan 2015 13:05 |
Last Modified: | 17 Oct 2021 23:10 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31735 |
Actions (login required)
View Item |