Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Dengan Model Pembelajaran NHT Pada Siswa Kelas III SDN Pati Kidul 03 Tahun 2014

Lelono, Lelono and , Drs. Mulyadi, Sk.M.Pd (2014) Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Dengan Model Pembelajaran NHT Pada Siswa Kelas III SDN Pati Kidul 03 Tahun 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
naskah_publikasi_ku.pdf

Download (105kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (114kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_RENCANA_PELAKSANAAN_PEMBELAJARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Laporan tindakan kelas dengan judul: Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Dengan Metode NHT pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri Pati Kidul 03 Tahun 2014. Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Berdasarkan pengamatan awal di SD Negeri Pati Kidul 03 ditemukan masalah dalam pembelajaran Matematika khususnya pada materi penjumlahan. Dalam kegiatan pembelajaran guru belum menggunakan pendekatan dan metode pembelajaran yang bervariasi sehingga menyebabkan siswa kurang tertarik dalam mengikuti pembelajaran. Proses pembelajaran lebih berpusat pada guru sehingga siswa menjadi kurang termotivasi dalam pembelajaran. Dalam pembelajaran matematika materi penjumlahan siswa hanya diberi penjelasan dan contoh soal kemudian diberi tugas untuk mengerjakan dengan kemampuannya sendiri. Dalam hal ini, guru kurang memberikan peluang kepada siswa untuk menemukan pengetahuannya sendiri melalui kehidupan nyata. Permasalahan tersebut harus segera diselesaikan. Cara yang dapat ditempuh untuk menyelesaikan masalah tersebut yakni dengan penggunaan metode NHT dalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III SD Negeri Pati Kidul 03 pada pembelajaran matematika tentang operasi hitung penjumlahan dengan metode NHT. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan subjek penelitian siswa kelas III SD Negeri Pati Kidul 03. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi, wawancara dan teknik analisis data meliputi analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa hingga 75 %. Dari hasil yang diperoleh, dapat diambil simpulan bahwa penggunaan metode Numbered Heads Together NHT dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, maka guru disarankan untuk menerapkan metode Numbered Heads Together NHT karena terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar siswa, metode NHT
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2015 12:35
Last Modified: 14 Oct 2021 06:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31708

Actions (login required)

View Item View Item