Aspek Moral Dalam Novel Rembulan Tenggelam Di Wajahmu Karya Tere Liye: Tinjauan Semiotik Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA

Achirudin, Salman and , Dr. Nafron Hasyim and , Drs. Adyana Sunanda, M.Pd (2014) Aspek Moral Dalam Novel Rembulan Tenggelam Di Wajahmu Karya Tere Liye: Tinjauan Semiotik Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (63kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah (1) mendeskripsikan unsur-unsur yang membangun novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu karya Tere Liye, (2) mendeskripsikan aspek moral yang terdapat dalam novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu karya Tere Liye dengan menggunakan pendekatan semiotik, (3) mendeskripsikan implementasi hasil penelitian ini sebagai bahan ajar sastra di SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah aspek moral dalam novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu karya Tere Liye. Data dalam penelitian ini berupa kalimat dan wacana yang terdapat dalam novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu karya Tere Liye diterbitkan oleh penerbit Republika pada tahun 2013 setebal 426 halaman. Sumber data sekunder dalam penelitian ini diperoleh dari internet dan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh orang lain sebelumnya. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pustaka dan catat. Teknik validitas data yang digunakan adalah teknik trianggulasi data. Teknik analisis data yang digunakan adalah model pembacaan model semiotik, yakni heuristik dan hermeneutik. Berdasarkan analisis struktural terhadap novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu diperoleh tema novel ini adalah rahasia di balik sebuah kehidupan. Alur yang digunakan dalam novel ini adalah alur campuran. Tokoh yang dibahas ini adalah Rehan/Ray Diar, Penjaga Panti, Plee, Jo, Fitri, Rinai, dan orang dengan wajah menyenangkan. Latar tempat dalam novel ini adalah di panti asuhan, rumah sakit, terminal, rumah singgah, gerbong kereta, Ibukota. Latar waktu dalam novel ini terjadi pada tahun 2000 hingga tahun 2044, ketika Rehan melarikan diri dari panti asuhan hingga Rehan terbaring di rumah sakit; terhitung selama 44 tahun. Latar sosial dalam penelitian ini adalah latar sosial kehidupan di panti asuhan, lingkungan terminal, dan latar sosial di kalangan para pengusaha. Analisis aspek moral dalam novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu dengan menggunakan pendekatan semiotik, antara lain moral keagamaan, moral kekeluargaan, dan moral individu. Implementasi hasil penelitian novel ini dalam pembelajaran apresiasi sastra di SMA didasarkan pada standar kompetensi membaca yang termuat dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI. Kompetensi dasar 7.2: Menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/terjemahan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Semiotik dan Aspek Moral
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 19 Jan 2015 12:20
Last Modified: 14 Oct 2021 05:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31634

Actions (login required)

View Item View Item