Tamtomo, Aryo and , Dr. Yadi Purwanto, M.M. (2014) Hubungan Antara Stres Sekolah Dan Dukungan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Bullying Pada Siswa. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (432kB) |
|
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN_TESIS.pdf Download (427kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (102kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (208kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (377kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA_TESIS.pdf Download (92kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_TESIS.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara stres sekolah dan dukungan teman sebaya terhadap perilaku bullying pada siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kab. Sukoharjo yang berjumlah 201 siswa, dengan sampel penelitian ini sebanyak 133 siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kab. Sukoharjo. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah skala perilaku bullying, skala stres sekolah, dan skala dukungan teman sebaya dan Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis regresi berganda, dan dengan bantuan Program SPSS For Windows 16.0. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara stres sekolah dan dukungan teman sebaya terhadap perilaku bullying. Dimana perilaku bullying dan dukungan teman sebaya serta stres sekolah memiliki kategori sedang. Hasil analisis korelasi antara stres sekolah dan dukungan teman sebaya terhadap perilaku bullying memiliki hubungan positif yang signifikan antara dukungan teman sebaya terhadap perilaku bullying. Sumbangan efektif stres sekolah terhadap perilaku bullying sebesar = 16,08%, dan sumbangan efektif dukungan teman sebaya terhadap perilaku bullying sebesar = 40,12%. Total sumbangan efektif stres sekolah dan dukungan teman sebaya adalah 56,2%. Dapat diambil kesimpulan bahwa stres sekolah dan dukungan teman sebaya memiliki hubungan dengan perilaku bullying.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perilaku bullying, stres sekolah, dan dukungan teman sebaya |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Sains Psikologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 12 Jan 2015 08:07 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 15:48 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31558 |
Actions (login required)
View Item |