Pelatihan Resiliensi Untuk Menurunkan Tingkat Kecemasan Akademik Pada Remaja

Kusumawardhani, Arifah and , Dr. Nanik Prihartanti, M.Si, Psi and , Usmi Karyani S.Psi, M.Si., Psi (2014) Pelatihan Resiliensi Untuk Menurunkan Tingkat Kecemasan Akademik Pada Remaja. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (271kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (269kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I_.pdf

Download (72kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (44kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kecemasan merupakan salah satu masalah psikologis yang paling banyak dialami oleh remaja. Salah satu kecemasan yang sering terjadi pada remaja adalah kecemasan akademik. Kecemasan akademik adalah perasaan tegang dan ketakutan pada sesuatu yang akan terjadi, dan perasaan tersebut menganggu dalam pelaksanaan tugas dan aktivitas yang beragam dalam situasi akademis. Salah satu intervensi yang dapat mengatasi dan mencegah kecemasan dengan membuat kondisi psikologis tetap stabil yaitu resiliensi. Resiliensi dapat dibangun melalui pelatihan. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui efektifitas pelatihan resiliensi dalam menurunkan tingkat kecemasan pada remaja. Metode yang digunakan dalam penelitian eksperiemen pre-post dengan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Masing-masing kelompok terdiri dari 15 subjek. Karakteristik subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 SMU Muhammadiyah 1 Surakarta, berusia 15-19 tahun dan memiliki tingkat kecemasan akademik sedang berdasarkan skala kecemasan akademik. Hasil penelitian menunjukkan nilai t hitung 5 dengan p = 0,000 (p < 0,05). Dengan demikian, H0 ditolak dan Ha diterima, artinya kedua rata-rata populasi tidak sama. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh maka dapat dismpulkan bahwa pelatihan resiliensi secara signifikan memiliki pengaruh yang efektif terhadap penurunan kecemasan akademik pada siswa SMA Muhammadiyah 1 Surakarta

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: kecemasan akademik, efektifitas pelatihan resiliensi
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Psikologi > Magister Profesi Psikologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 Jan 2015 09:09
Last Modified: 19 Oct 2021 18:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31532

Actions (login required)

View Item View Item