Kusumawardhani, Arifah and , Dr. Nanik Prihartanti, M.Si, Psi and , Usmi Karyani S.Psi, M.Si., Psi (2014) Pelatihan Resiliensi Untuk Menurunkan Tingkat Kecemasan Akademik Pada Remaja. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf Download (271kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (269kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I_.pdf Download (72kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (119kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (6kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (44kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Kecemasan merupakan salah satu masalah psikologis yang paling banyak dialami oleh remaja. Salah satu kecemasan yang sering terjadi pada remaja adalah kecemasan akademik. Kecemasan akademik adalah perasaan tegang dan ketakutan pada sesuatu yang akan terjadi, dan perasaan tersebut menganggu dalam pelaksanaan tugas dan aktivitas yang beragam dalam situasi akademis. Salah satu intervensi yang dapat mengatasi dan mencegah kecemasan dengan membuat kondisi psikologis tetap stabil yaitu resiliensi. Resiliensi dapat dibangun melalui pelatihan. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui efektifitas pelatihan resiliensi dalam menurunkan tingkat kecemasan pada remaja. Metode yang digunakan dalam penelitian eksperiemen pre-post dengan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Masing-masing kelompok terdiri dari 15 subjek. Karakteristik subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 SMU Muhammadiyah 1 Surakarta, berusia 15-19 tahun dan memiliki tingkat kecemasan akademik sedang berdasarkan skala kecemasan akademik. Hasil penelitian menunjukkan nilai t hitung 5 dengan p = 0,000 (p < 0,05). Dengan demikian, H0 ditolak dan Ha diterima, artinya kedua rata-rata populasi tidak sama. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh maka dapat dismpulkan bahwa pelatihan resiliensi secara signifikan memiliki pengaruh yang efektif terhadap penurunan kecemasan akademik pada siswa SMA Muhammadiyah 1 Surakarta
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kecemasan akademik, efektifitas pelatihan resiliensi |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Magister Profesi Psikologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 08 Jan 2015 09:09 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 18:59 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31532 |
Actions (login required)
View Item |