Ideologi Humanisme Islam Salman Faris Dalam Novel Guru Dane Dan Guru Onyeh: Kajian Interteks Dan Implikasinya Sebagai Bahan Ajar Apresiasi Sastra Di SMA

Hakim, Lukmanul and , Dr. Nafron Hasyim and , Prof. Dr. Ali Imron Al-Ma’ruf, M.Hum (2014) Ideologi Humanisme Islam Salman Faris Dalam Novel Guru Dane Dan Guru Onyeh: Kajian Interteks Dan Implikasinya Sebagai Bahan Ajar Apresiasi Sastra Di SMA. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (96kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (673kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (164kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_BERKAS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (832kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (338kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini terdiri atas (1) mendeskripsikan latar sosio-historis Salman Faris sebagai faktor genetik, (2) mendeskripsikan bangunan struktur novel GD dan GO karya Salman Faris, (3) mendeskripsikan wujud ideologi humanisme Islam Salman Faris dan bentuk-bentuk dehumanisasi dalam dua fiksinya, (4) mendeskripsikan hubungan intertektualitas ideologi novel GD dan GO karya Salman Faris, dan (5) mendeskripsikan implikasi hasil penelitian sebagai bahan ajar apresiasi sastra di SMA. Penelitian ini berbentuk kualitatif deskriptif dengan strategi terpancang. Sumber data penelitian ini berupa (1) dokumen, yakni teks novel GO dan GO karya Salman Faris serta buku-buku literature yang relevan, (2) informan, yakni Salman Faris dan tanggapan pembaca terhadap novel tersebut. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pustaka, simak, dan catat. Adapun teknik analisis menggunakan metode reduksi, sajian data dan verifikas serta simpulan, yang divalidkan dengan model pembacaan semiotik, berupa heuristik dan hermeneutic, sedangkan validitas menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian ini adalah (1) Secara sosio-hitoris, karya-karya Salman Faris bernuansakan kearifan lokal bahkan multikultural dengan menjadikan Sasak sebagai ikon penciptaan, (2) Telaah terhadap struktur novel GD dan GO menekankan pada tema dan fakta cerita, (3) Wujud ideologi dari dua fiksi tersebut adalah pembebasan manusia, titik tolaknya pada ideologi humanisme Islam, (4) Interteks dari novel GD dan GO adalah ideologi humanisme Islam yang wujudnya (a) misi pembebasan, (b) tidak mengenal kelas, (c) pemahaman terhadap agama, (d) tradisi berpikir dan perjuangan kemanusian, (e) keteguhan prinsip dan identitas, (f) menentang monopoli ekonomi dan kapitalisme, serta (g) perlawanan terhadap otoritas sistem tradisi. Adapun Pada hasil simpulan adalah (5) implementasi ideologi humanisme Islam Salman Faris dapat dijadikan bahan ajar sebagai bahan ajar apresiasi sastra di di SMA, tidak lepas dari tiga aspek penting pembelajaran, yakni sikap, keterampilan, dan pengetahuan dengan titik acuan pada kompetensi inti nomer (3) dan indikatornya ketercapaian pada kompetensi dasar nomor (3.3) berdasarkan kurikulum 2013.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Ideologi, humanisme Islam, novel GD dan GO, kajian interteks, dan bahan ajar sastra
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pengkajian Bahasa
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 06 Jan 2015 12:21
Last Modified: 19 Oct 2021 16:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31519

Actions (login required)

View Item View Item