Peningkatan Keterampilan Menulis Surat Pribadi Melalui Pembelajaran Kontekstual Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Tambun Selatan Kabupaten Bekasi Tahun Pelajaran 2011/ 2012

Haryanto, Slamet and , Prof. Dr. Markhamah, M.Hum. and , Drs. Andi Haris Prabawa, M.Hum. (2014) Peningkatan Keterampilan Menulis Surat Pribadi Melalui Pembelajaran Kontekstual Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Tambun Selatan Kabupaten Bekasi Tahun Pelajaran 2011/ 2012. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Judul)
03._HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (583kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (871kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (600kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (890kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (644kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (291kB)

Abstract

Keterampilan menulis surat pribadi melalui pembelajaran kontekstual merupakan salah satu metode pembelajaran inovatif yang dapat digunakan pada pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya dalam keterampilan menulis surat pribadi. Adapun tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah mendeskripsikan peningkatan pembelajaran, dan keterampilan menulis surat pribadi melalui pembelajaran kontekstual. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan strategi pembelajaran kontekstual.Lokasi penelitian di SMP Negeri 9 Tambun Selatan kabupaten Bekasi.Sumber data penelitian ini diperoleh dari siswa kelas VII. Data yang diperoleh dengan menggunakan lembar observasi, wawancara, dokumentasi, dan penulisan surat pribadi siswa melalui penilaian tugas. Teknik analisis data yang digunakan teknik analisis kritis, dan teknik komparatif. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik trianggulasi data. Prosedur penelitian ini didasarkan pada prosedur penelitian tindakan kelas, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, evaluasi dan refleksi Penelitian ini dilakukan dengan dua tahap, yaitu siklus I dan siklus II.Hasil peningkatan pembelajaran menulis surat pribadi menunjukkan siswa memperhatikan penjelasan dari guru meningkat 40%, dapat menjawab pertanyaan meningkat 15%, secara aktif mencatat penjelasan meningkat 36%, mengerjakan tugas individu secara berkelompok meningkat 30%, dan siswa melakukan kerja diskusi meningkat 41%. Peningkatan keterampilan menulis surat pribadi dapat dilihat dari hasil rata-rata kemampuan menulis surat pribadi meningkat 30%, sedangkan ketuntasan klasikal 95% dengan rata-rata ketuntasan klasikalnya 48%. Sehingga indikator pencapaian criteria ketuntasan minimal tercapai, siswa tidak ada yang mendapatkan nilai di bawah kriteria ketuntasan minimal.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Menulis surat pribadi, pembelajaran kontekstual.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pengkajian Bahasa
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 31 Dec 2014 12:02
Last Modified: 19 Oct 2021 16:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31486

Actions (login required)

View Item View Item