Model Outsourcing Dalam Perspektif Perlindungan Hukum Dan Hak Tenaga Kerja ( Studi Kasus CV. Komunika Putera Sentosa Surakarta)

Pamungkas, Anton Respati and , Dr.Nurhadiantomo (2014) Model Outsourcing Dalam Perspektif Perlindungan Hukum Dan Hak Tenaga Kerja ( Studi Kasus CV. Komunika Putera Sentosa Surakarta). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (240kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (440kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (41kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka )
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)

Abstract

Problematika mengenai pekerja outsource memang cukup bervariasi. Di satu sisi perusahaan sangat diuntungkan dengan penggunaan pekerja outsource. Namun di sisi lain pekerja outsource sangat dirugikan atas hak-haknya, sementara regulasi yang ada belum terlalu memadai untuk mengatur outsourcing. Penelitian ini berupaya untuk mencari persoalan-persoalan hukum terkait dengan outsourcing yang antara lain sebagai berikut. (1) Bagaimana perusahaan melakukan klasifikasi terhadap pekerjaan utama (core business) dan pekerjaan penunjang perusahaan (non core bussiness) yang merupakan dasar dari pelaksanaan outsourcing? (2) Bagaimana pelaksanaan pekerjaan outsourcing dalam industri di Indonesia? (3) Bagaimanakah model pelaksanaan karyawan outsourcing dalam perspektif kesejahteraan buruh? Penelitian ini menemukan bahwa meskipun aturan menuntut pekerjaan penunjang sebagai prasyarat outsourcing, namun penentuan kedua jenis pekerjaan itu diserahkan sepenuhnya kepada perusahaan. Faktanya, masih banyak perusahaan mempekerjakan pekerja outsource pada proses produksi (core business). Sementara antara jenis pekerjaan yang dikerjakannya berbanding terbalik dengan penghasilan yang diperoleh para pekerja outsource. Oleh sebab itu, penelitian ini berargumen bahwa aturan yang tegas terhadap outsourcing mutlak dibutuhkan untuk melindungi hak-hak para pekerja.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Outsourcing, perjanjian kerja, hak-hak pekerja, hukum industri
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Hukum
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 29 Dec 2014 12:25
Last Modified: 18 Oct 2021 06:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31462

Actions (login required)

View Item View Item