MUSTOFA, WAHID and , Dra. Nining Setyaningsih, M.Si (2014) Pengaruh Suasana Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Intensitas Belajar Serta Dampaknya Pada Prestasi Belajar Matematika (Pada Siswa Kelas VIII Semester Gasal SMP N 1 Trangkil Tahun Ajaran 2014/2015). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (296kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (60kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (103kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (213kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (50kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (48kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (841kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (190kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis dan menguji pengaruh tidak langsung suasana belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika melalui intensitas belajar, (2) menganalisis dan menguji pengaruh langsung suasana belajar dan motivasi belajar terhadap intensitas belajar, (3) menganalisis dan menguji pengaruh langsung intensitas belajar terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Trangkil tahun ajaran 2014/2015 sebanyak 4 kelas yang berjumlah 139 siswa. Sampel yang diambil sebanyak 103 siswa dengan menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur yang sebelumnya telah dilakukan uji prasyarat analisis data. Uji prasyarat analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dengan uji kolmogorof-smirnov dan uji linearitas. Berdasarkan hasil perhitungan analisis maka diperoleh hasil sebagai berikut: (1) terdapat pengaruh tidak langsung suasana belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika melalui intensitas belajar. Suasana belajar berpengaruh tidak langsung terhadap prestasi belajar matematika melalui intensitas belajar dengan nilai IE = 0,081, motivasi belajar berpengaruh tidak langsung terhadap prestasi belajar matematika melalui intensitas belajar dengan nilai IE = 0,084. (2) terdapat pengaruh langsung suasana belajar dan motivasi belajar terhadap intensitas belajar. Suasana belajar berpengaruh langsung terhadap intensitas belajar dengan nilai DE = 0,215, motivasi belajar berpengaruh langsung terhadap intensitas belajar dengan nilai DE = 0,225. (3) terdapat pengaruh langsung intensitas belajar terhadap prestasi belajar matematika dengan nilai DE = 0,375.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | prestasi, intensitas, suasana, motivasi, belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Kurnia Utami |
Date Deposited: | 24 Dec 2014 14:22 |
Last Modified: | 17 Oct 2021 22:38 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31446 |
Actions (login required)
View Item |