Analisis Penulisan Tanda Baca, Huruf Kapital, Dan Kata Tidak Baku Pada Karangan Siswa Kelas VII F SMP Negeri 2 Banyudono Tahun Ajaran 2013/2014

Kurniawati, Endah and , Prof. Dr. Abdul Ngalim, M.M, M.Hum and , Drs. Yakub Nasucha, M. Hum. (2014) Analisis Penulisan Tanda Baca, Huruf Kapital, Dan Kata Tidak Baku Pada Karangan Siswa Kelas VII F SMP Negeri 2 Banyudono Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (14MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (328kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (327kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (587kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini meliputi: (1) Mendeskripsikan penulisan tanda baca, huruf kapital, dan kata tidak baku pada karangan siswa kelas VII F SMP Negeri 2 Banyudono. (2) Menjelaskan analisis kesalahan penulisan tanda baca, huruf kapital, dan kata tidak baku yang terdapat pada karangan siswa kelas VII F SMP Negeri 2 Banyudono. Penelitian ini merupakan kajian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simak dan teknik catat. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode agih. Tujuan pertama teknik lanjutan yang digunakan adalah teknik Bagi Unsur Langsung (BUL). Adapun teknik yang dipakai dalam penelitian ini untuk tujuan yang kedua adalah (1) teknik lesap, (2) teknik ganti, (3) teknik sisip, dan teknik ubah ujud. Hasil penelitian ini ada dua, yaitu:(1) Data yang peneliti kumpulkan dari karangan siswa berjumlah 160 kalimat. (2) Kesalahan penulisan tanda baca, meliputi tanda baca titik, tanda baca hubung, dan tanda seru. Kesalahan penulisan huruf kapital, meliputi kesalahan penulisan huruf kapital pada awal kalimat, kesalahan penulisan huruf kapital pada tengah-tengah kalimat, kesalahan penulisan huruf kapital sebagai unsur nama orang, kesalahan penulisan huruf kapital sebagai nama bulan dan hari, kesalahan penulisan huruf kapital sebagai huruf pertama nama geografi, kesalahan penulisan huruf kapital pada judul karangan, dan kesalahan penulisan huruf kapital pada kata penunjuk hubungan kekerabatan. Kesalahan penulisan kata tidak baku, meliputi ketidakbakuan kata karena adanya pengaruh unsur kata yang kurang lengkap, ketidakbakuan kata karena ragam bahasa percakapan, dan ketidakbakuan kata karena tidak adanya pemakaian imbuhan secara eksplisit

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: tanda baca, huruf kapital, kata tidak baku, karangan siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 27 Nov 2014 13:24
Last Modified: 17 Oct 2021 14:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31064

Actions (login required)

View Item View Item