HARYANTI, FIDA and , Dr. Suyatmini, M.Si. (2014) Penerapan Strategi Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas VIII MTS Muhammadiyah Waru Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (295kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (39kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (80kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (53kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (568kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (25kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (17kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
||
|
PDF (Naskah Publkasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran Make A Match dalam pembelajaran ekonomi. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Penelitian ini mengambil lokasi penelitian di MTs. Muhammadiyah Waru yang berlokasi di Desa Waru Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo. Penelitian ini dilaksanakan dua kali siklus Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas VIII D MTs. Muhammadiyah Waru dengan jumlah 34 siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dengan dibantu oleh guru mata pelajaran ekonomi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Prosedur dalam Penelitian ini ada beberapa tahap yaitu dialog awal, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan,pemantauan (observasi), dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan prestasi belajar ekonomi siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran Make A Match. Hal ini dapat terlihat dari hal-hal: 1) Mendengarkan penjelasan guru, 2) Aktif dalam bertanya, 3) Aktif dalam mengemukakan pendapat, 4) Aktif dalam berdiskusi kelompok, 5) Aktif dalam mempresentasikan hasil diskusi. Sebelum pelaksanaan siklus rata-rata keaktifan siswa sebesar 22,54% dan prestasi belajar siswa sebesar 35,29%. Pada siklus I rata-rata keaktifan siswa sebesar 50,91% dan prestasi belajar siswa meningkat sebesar 54,54%. Pada siklus II rata-rata keaktifan siswa sebesar 89,67 % dan prestasi belajar siswa meningkat sebesar 93,54%. Hal ini berarti peningkatan keaktifan dan prestasi belajar siswa melebihi indikator keberhasilan yakni 85%. Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan strategi pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas VIII MTs.Muhammadiyah Waru Tahun Ajaran 2014/2015.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi pembelajaran Make A Match, Keaktifan Siswa, Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Users 4404 not found. |
Date Deposited: | 25 Nov 2014 10:00 |
Last Modified: | 13 Oct 2021 13:15 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31004 |
Actions (login required)
View Item |