Kumiati, Kumiati and , Achmad Dwityanto, S.Psi, M.Si (2014) Hubungan Antara Kepuasan Kerja Dengan Kinerja Guru SD Di Kecamatan Laweyan. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I_.pdf Download (180kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (240kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Registered users only Download (34kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (179kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (33MB) |
Abstract
Peran guru sangat penting dalam kedudukannya sebagai pemberi pembelajaran kepada siswa sebagai generasi bangsa, Guru sebagai elemen kunci dalam sistem pendidikan, khususnya di sekolah. Guru sebagai seorang profesional mempertaruhkan profesi pada kualitas kerjanya, kinerja seorang guru merupakan pengendali operasi dalam pendidikan, sehingga jika kinerja guru (individual Performance) baik maka kinerja pendidikan (corporate Performance) itu juga akan baik Salah satu faktor penentu keberhasilan sekolah adalah kinerja dan produktivitas para guru, kepuasan kerja guru dapat meningkatkan produktivitas kerja dan disiplin kerja. Selain itu, kepuasan kerja dapat menekankan tingkat keluarnya guru dan banyaknya respons ketidakpuasan, dengan adanya kinerja yang baik, produktivitas mengajar guru pun meningkat dan sebaliknya. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) Mengetahui hubungan antara kepuasan kerja dengan kinerja pada guru. (2) Mengetahui tingkat kepuasan guru. (3) Mengetahui tingkat kinerja pada guru. (4) Mengetahui sumbangan efektif kepuasan kerja terhadap kinerja guru. Populasi dalam penelitian ini adalah guru-guru SD baik swasta maupun negeri di kecamatan Laweyan dengan jumlah populasi 1.817 orang dari 58 SD. Jumlah sampel dalam penelitian ini hanya 4 SD, yaitu 2 SD negeri dan 2 SD swasta. SDN Tegalayu Surakarta, SD Djama’atul Ichwan Surakarta, SDN Bratan 2 Laweyan, SD Ta’mirul Islam Surakarta dengan jumlah seluruh guru 94 orang. Pengambilan sampling menggunakan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket yang berbentuk skala. Tehnik yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji non parametrik dengan sperman’s rho. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu: (1) Ada hubungan positif yang sangat signifikan antara kepuasan kerja dengan kinerja guru. Semakin tinggi kepuasan kerja maka semakin tinggi kinerja guru, begitu sebaliknya semakin rendah kepuasan kerja maka semakin rendah kinerja guru. Hal ini ditunjukan dengan hasil koefisien korelasi sebesar 0,363 dengan p = 0,000 atau p < 0,01. (2) Kepuasan kerja pada subjek penelitian tergolong tinggi, ditunjukkan oleh rerata empirik (RE) = 110,49 dan rerata hipotetik (RH) = 90. (3) Kinerja guru pada subjek penelitian tergolong tinggi, ditunjukan oleh rerata empirik (RE) = 79,60 dan rerata hipotetik (RH) =62,5. (4) Sumbangan efektif kepuasan kerja terhadap kinerja guru sebesar 13,2% ditunjukan dengan hasil kuadrat sperman’s rho sebesar 0,363² = 0,132. Berarti masih terdapat 86,8% variabel lain yang mempengaruhi kinerja guru di luar variabel kepuasan kerja, misalnya: (a) Faktor individu, terdiri dari; kemampuan, ketrampilan, latar belakang keluarga, pengalaman kerja, persepsi, peran, sikap, kepribadian, motivasi; dan, (b) Faktor organisasi, yaitu; struktur organisasi, desain pekerjaan, kepemimpinan, sistem penghargaan (reward system).
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan Kerja, Kinerja Guru |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 05 Nov 2014 11:37 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 02:17 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30708 |
Actions (login required)
View Item |