Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Konsep Pecahan Sederhana Dengan Media Gambar Dan Alat Peraga Batang Kayu Berwarna Pada Siswa Kelas III SD Negeri 3 Kraguman Kecamatan Jogonalan Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2013 / 2014

Prabawa, Muh Arfian Yuli and , Drs. DJalal Fuadi, M.M. (2014) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Konsep Pecahan Sederhana Dengan Media Gambar Dan Alat Peraga Batang Kayu Berwarna Pada Siswa Kelas III SD Negeri 3 Kraguman Kecamatan Jogonalan Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2013 / 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (511kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
9._BAB_I.pdf

Download (163kB)
[img] PDF (Bab II)
10._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB)
[img] PDF (Bab III)
11._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] PDF (BAb IV)
12._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] PDF (Bab V)
13._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
14._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (158kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan Penelitian Tindakan Kelas yang peneliti lakukan adalah untuk mengetahui seberapa besar penggunaan media gambar dan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari perbaikan pembelajaran yang telah dilaksanakan. Berdasarkan analisis tes formatif siswa pada kompetensi dasar menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pecahan pada semester II tahun pelajaran 2013 / 2014 tampak bahwa banyak siswa yang kesulitan dalam memahami materi pembelajaran. Berdasarkan masalah tersebut maka penulis terdorong untuk mengadakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun pembelajaran yang digunakan adalah menggunakan media gambar dan alat peraga batang kayu berwarna. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus dua kali pertemuan dan terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan,dan refleksi. Jenis data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Validitas data yang dilakukan melalui tekhnik triangulasi sumber.. Untuk mengukur siswa dalam penguasaan materi yang diberikan adalah tes formatif pada akhir setiap siklus. Penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa pada akhir setiap siklus. Penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dan peningkatan keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar. Analisis data dilakukan dengan membandingkan hasil pada kondisi awal, hasil siklus I dan siklus II. Pada kondisi awal nilai rata – ratanya 57,80 dengan ketuntasan belajar 28,6 % pada siklus I nilai rata – ratanya 62,10 dengan ketuntasan belajar 35,7 %. Sedangkan pada siklus II nilai rata –ratanya 75,7 dengan ketuntasan belajar 92,9 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar dan alat peraga batang kayu berwarna dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pecahan sederhana.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pecahan Sederhana, Media Gambar, Alat Peraga
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 24 Oct 2014 08:25
Last Modified: 14 Oct 2021 06:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30615

Actions (login required)

View Item View Item