Marsudi, Arif Handika and , Bambang Waluyo F, ST. MT and , Ir. Agus Hariyanto, MT (2014) Pengaruh Gaya Kompaksi Pada Pembuatan Kampas Rem Dengan Resin Serbuk Sebagai Pengikat. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf Download (918kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
bab_I.pdf Download (100kB) |
|
PDF (Bab II)
bab_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (687kB) |
||
PDF (Bab III)
bab_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab IV)
bab_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
|
PDF (Daftra Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (155kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Pada penelitian ini pembuatan kampas rem dengan menggunakan variasi kompaksi 2 ton, 2,5 ton dan 3 ton bertujuan untuk mengetahui tingkat performa dari kampas rem dengan perekat resin paraformaldehyde dibandingkan dengan kampas rem yamahapart. Proses pembuatan diawali dengan mencampur komposisi yang akan digunakan yaitu fiberglass, kuningan,alumunium, kalsium karbonat, barium sulfat, silika, grafit, phenol kristal dan resin paraformaldehyde. Selanjutnya dipres dengan variasi tekanan 2, 2,5, 3 ton disintering dengan suhu 150ºC selama 60 menit. Pengujian spesimen yang dilakukan adalah uji gesek dengan standar alat pengujian CNS(China National Standard) GB5763 dan beberapa pengaruh lingkungan diantaranya uji gesek kering, pengaruh air, air garam, oli dan uji gesek pengaruh minyak rem dengan standar SNI 09-2663-1992 serta diuji kekerasan Brinell dengan gaya 613 Newton dengan mengacu pada standar ASTM E 10-01. Hasil penelitian menunjukan bahwa keausan pada pengujian gesek kering, uji air dan uji minyak rem, tingkat keausan yang lebih rendah adalah kampas rem yamahapart sebesar 65,62 mm³/jam, 56,25 mm³/jam dan 28,12 mm³/jam. Untuk pengujian gesek pengaruh air garam dan oli tingkat keausan yang lebih rendah adalah kampas variasi kompaksi yaitu sebesar 59,37 mm³/jam dan 28,12 mm³/jam. Koefisien gesek pada pengujian gesek disemua kondisi kampas variasi gaya kompaksi lebih rendah dibandingkan dengan kampas yamahapart. Pada pengujian kekerasan brinell kampas rem yamahapart mempunyai nilai kekerasan lebih besar dibandingkan dengan kampas rem variasi gaya kompasi yaitu 23,966 BHN dan 21,116 BHN.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kampas rem, kompaksi, Paraformaldehyde, kekerasan,uji gesek |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 11 Oct 2014 07:12 |
Last Modified: | 14 Oct 2021 23:02 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30417 |
Actions (login required)
View Item |