NURUL AINI , LUTFIA (2009) ANALISIS POSITIONING PUSAT PERAWATAN KECANTIKAN ”NATASHA” BERDASARKAN PERSEPSI KONSUMEN (Study Kasus pada Mahasiswa Aktif FE Universitas Muhammadiyah Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
B100050108.pdf Download (187kB) |
|
PDF
B100050108.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Strategi positioning yang dikomunikasikan oleh masing-masing Beauty care kepada konsumen berbeda satu sama lainnya. Untuk mengetahuinya, maka perlu dilakukan penelitian sikap konsumen terhadap pusat perawatan kecantikan Natasha, LBC, Larissa, Be Hati yang memiliki karakteristik dan atribut yang sama, sehingga dapat dilihat posisi perusahaan tersebut berdasar persepsi konsumen. Persepsi hampir selalu merupakan motivasi yang kuat untuk dijadikan sebagai dasar mengambil keputusan oleh konsumen. Penelitian ini bertujunuan untuk menentukan posisi pusat perawatan kecantikan Natasha di bandingakan dengan pusat perawatan kecantikan yang lain di kalangan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta dan untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap atribut-atribut pusat perawatan dan kecantikan Natasha di kalangan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta sehingga dapat berperan dalam menentukan positioning pusat perawatan kecantikan “Natasha” Dalam penelitian ini, populasi homogeny, karena anggota populasi sama yaitu keseluruhan mahasiswa aktif Universitas Muhammadiyah Surakarta sekitar 18.000 jiwa dari berbagai jurusan yang ada. Dalam penelitian ini, sampel yang diambil dari mahasiswa aktif UMS, sedangkan respondennya adalah mahasiswa aktif Universitas Muhammadiyah Surakarta yang menngunakan produk dan jasa pusat perawatan kecantikan “Natasha” yang ditentukan sebanyak 100 orang dengan metode purposive sampling. Analisa yang digunakan Multy dimensional scalling (MDS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor lokasi di Natasha belum sepenuhnya strategis, belum mudah diakses, belum dekat dengan keramaian, belum luas, belum aman, dan belum nyaman. Faktor harga di Natasha masih mahal, belum sesuai, dan belum memberi kepuasan, maka bagi Natasha perlu meninjau ulang harga pelayanan. Faktor kenyamanan di Natasha berada di jalur yang belum nyaman. Artinya posisi Natasha dalam kenyamanan berada di bawah sendiri dari ketiga pesaingnya. Faktor perawatan di Natasha perawatan yang dilakukan di Natasha sudah up to date, bervariatif, sesuai, dan menarik. Faktor teknologi di Natasha merupakan faktor yang menonjol di antara ketiga pesaingnya. Teknologi yang dilakukan di Natasha sudah memakai teknologi mutakhir, bervariatif, dan sangat mendukung bagi perawatan kecantikan. Faktor pelayanan di Natasha merupakan faktor yang menonjol di antara ketiga pesaingnya. Hal ini menunjukkan bahwa dalam pelayanan, posisi Natasha berada paling baik di antara ketiga pesaingnya. Pelayanan yang ditawarkan sudah memenuhi keinginan responden karena cepat, ramah, baik, cepat tanggap, informatif dan berkualitas. Dengan demikian, teknologi di Natasha perlu dipertahankan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Positioning, Natasha, Larissa, LBC, Be Hati |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Mr. Edy Suparno |
Date Deposited: | 22 Jun 2009 08:54 |
Last Modified: | 02 Feb 2011 03:55 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3033 |
Actions (login required)
View Item |