Pengaruh Motivasi Dan Komitmen Organisasional Terhadap Keefektifan Anggaran Partisipatif Dalam Peningkatan Kinerja Manajerial (Studi Kasus Pada Rumah Sakit Umum Daerah Di Wilayah Eks Karesidenan Surakarta)

WULANDARI, INDAH and , Drs. Eko Sugiyanto, M.Si., (2014) Pengaruh Motivasi Dan Komitmen Organisasional Terhadap Keefektifan Anggaran Partisipatif Dalam Peningkatan Kinerja Manajerial (Studi Kasus Pada Rumah Sakit Umum Daerah Di Wilayah Eks Karesidenan Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
1._COVER.pdf

Download (567kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
2._BAB_I.pdf

Download (100kB)
[img] PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] PDF (Bab III)
4._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] PDF (Bab IV)
5._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB)
[img] PDF (Bab V)
6._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (120kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN_OLAH_DATA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
10._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (298kB)

Abstract

Studi ini meneliti pengaruh motivasi dan komitmen organisasional terhadap keefektifan anggaran partisipatif dalam peningkatan kinerja manajerial. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk menemukan bukti empiris partisipasi anggaran mempunyai pengaruh terhadap kinerja manajerial, (2) untuk menemukan bukti empiris motivasi mempunyai pengaruh terhadap hubungan antara partisipasi anggaran dengan kinerja manajerial, dan (3) untuk menemukan bukti empiris komitmen organisasional mempunyai pengaruh terhadap hubungan antara partisipasi anggaran dengan kinerja manajerial. Penelitian ini menggunakan metode survei. Sampel dalam penelitian ini adalah manajer menengah Rumah Sakit Umum Daerah yang ada diwilayah eks Karesidenan Surakarta dengan total kuesioner yang diterima kembali dan diisi secara lengkap sebanyak 51 kuesioner (82%). Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Data diolah menggunakan model analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) partisipasi anggaran mempunyai pengaruh terhadap kinerja manajerial, hal ini ditunjukkan oleh p-value sebesar 0,001 yang berarti (p < 0,05). (2) Motivasi mempunyai pengaruh terhadap hubungan antara partisipasi anggaran dengan kinerja manajerial, hal ini ditunjukkan oleh p-value sebesar 0,040 yang berarti (p < 0,05). (3) Komitmen organisasional mempunyai pengaruh terhadap hubungan antara partisipasi anggaran dengan kinerja manajerial, hal ini ditunjukkan oleh p-value sebesar 0,009 yang berarti (p < 0,05).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: partisipasi anggaran, motivasi, komitmen organisasional, kinerja manajerial.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 06 Oct 2014 13:13
Last Modified: 18 Oct 2021 02:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30318

Actions (login required)

View Item View Item