Budaya Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi Siswa Tunagrahita Di SMPLB – C Bhakti Putera Bahagia Gantiwarno Kabupaten Klaten

Sugiarto, Sigid and , Dr. Tjipto Subadi, M.Si (2014) Budaya Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi Siswa Tunagrahita Di SMPLB – C Bhakti Putera Bahagia Gantiwarno Kabupaten Klaten. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Jurnal_Publikasi.pdf

Download (629kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (684kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menjawab fokus penelitian, yang secara umum untuk mengkaji dan mendeskripsikan budaya kesiapsiagaan bencana gempa bumi siswa tunagrahita di SMPLB – C Bhakti Putera Bahagia Gantiwarno. Secara rinci penelitian ini dilakukan untuk mengkaji dan endiskripsikan; Kesiapsiagaan bencana gempa bumi pada siswa tunagrahita di SMPLB – C Bhakti Putera Bahagia dan budaya kesiapsiagaan bencana gempa bumi dapat meningkatkan rasa aman pada siswa tunagrahita di SMPLB – C Bhakti Putera Bahagia terhadap ancaman gempa bumi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan mengunakan tinjauan studi etnografi dan fenomenologi. Informan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMPLB –C Bhakti Putera Bahagia Gantiwarno. Peneliti mengambil data dengan menggunakan instrumen wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teori yang digunakan mengacu pada fremework kesiapsiagaan bencana gempa bumi yang terdari dari empat parameter, yakni pengetahuan dan sikap atau Knowledgeand Attitude (KA), perencanaan kedaruratan atau Emergency Planning (EP), sistem peringatan/ Warning System (WS), dan mobilitas sumberdaya/ Resaurce Mobilization Capacity (RMC). Kesimpulan yang diambil adalah; 1). Kesiapsiagaan bencana gempa bumi siswa tunagrahita di SMPLB –C Bhakti Putera Bahagia Gantiwarno yang ditinjau dari ke 4 parameter kesiapsiagaan bencana gempa bumi dalam diri siswa termasuk hampir siap, 2). Adanya budaya kesiapsiagaan yang baik membuat siswa tungrahita di SMPLB – C merasa aman, 3). Budaya kesiapsiagaan siswa tunagrahita di SMPLB – C Bhakti Putera Bahgia Gantiwarno dapat dikatakan cukup baik jika ditinjau dari kesiapsiagan siswa tunagrahita.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Budaya Kesiapsiagaan, Bencana Gempa Bumi, Siswa Tunagrahita
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 24 Sep 2014 13:22
Last Modified: 15 Oct 2021 14:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30283

Actions (login required)

View Item View Item