Mengembangkan nilai agama moral anak melalui permainan tradisional congklak pada anak kelompok B di tk aisyiyah 16 ngringo jaten karanganyar Tahun ajaran 2013/ 2014

Maryuni, Anis and , Drs. Ilham Sunaryo, M.Pd. (2014) Mengembangkan nilai agama moral anak melalui permainan tradisional congklak pada anak kelompok B di tk aisyiyah 16 ngringo jaten karanganyar Tahun ajaran 2013/ 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (328kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I )
BAB_I.pdf

Download (63kB)
[img] PDF (Bab II )
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] PDF (Bab III )
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (Bab IV )
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] PDF (Bab V )
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka )
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (47kB)
[img] PDF (Lampiran )
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (901kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (275kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk Untuk mengembangkan nilai agama moral anak melalui permainan tradisional congklak/dakon. Jenis penelitian ini Termasuk penelitian tindakan kelas yang terdiri dari atas rangkaian empat kegiatan yang dilakukan setiap siklus yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data yang diambil dalam penelitian ini berupa data perkembangan nilai agama moral anak melalui metode observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kelompok B TK Aisyiyah 16 Ngringo Jaten Karanganyar. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus, setiap siklus 2 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukan adanya pengembangan nilai agama moral anak melalui permainan tradisional congklak/dakon. Pengembangan tersebut yaitu pada prasiklus sebesar 32% pada siklus I mencapai 55 % dengan pengembangan dari prasiklus sebesar 23%. Pada siklus II rata-rata pencapaian anak sebesar 83% dengan pengembangan dari siklus I sebesar 28%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah permainan tradisional congklak/dakon dapat mengembangkan nilai agama moral anak kelompok B TK Aisyiyah 16 Ngringo Jaten Karanganyar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Nilai Agama Moral, Permainan Tradisional Congklak
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 15 Sep 2014 12:46
Last Modified: 19 Oct 2021 15:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30177

Actions (login required)

View Item View Item