Pengaruh Media Pembelajaran Komik Terhadap Tingkat Pemahaman Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun 2013/2014

RIYANSARI, IRA and , Dra. Hariyatmi, M.Si (2014) Pengaruh Media Pembelajaran Komik Terhadap Tingkat Pemahaman Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (887kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (67kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (71kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen pendidikan yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran komik IPA terhadap tingkat pemahaman dan hasil belajar siswa kelas VII. Hasil belajar yang diperoleh terdiri dari tiga aspek, yaitu pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Analisis data menggunakan uji statistika Independent Sample t Test melalui program SPSS 15.0 for Windows. Nilai rata-rata siswa aspek pengetahuan kelas komik sebesar (74,09) lebih tinggi daripada kelas konvensional (51,27). Uji hipotesis terlihat nilai thitung (-7,112) sedangkan ttabel (1,68), ttabel diperoleh dari nilai taraf signifikansi 5% (df=42). Karena thitung berada pada daerah penolakan H0 maka H0 ditolak artinya terdapat pengaruh. Nilai rata-rata siswa aspek sikap kelas komik sebesar (8,86) lebih tinggi daripada kelas konvensional (5,95). Uji hipotesinya terlihat nilai thitung (4,774) sedangkan ttabel (1,68). Karena thitung berada pada daerah penolakan H0 maka H0 ditolak artinya terdapat pengaruh. Nilai rata-rata siswa aspek keterampilan kelas komik sebesar (8,27) lebih tinggi daripada kelas konvensional (6,73). Hasil uji hipotesis terlihat nilai thitung (-3,843) sedangkan ttabel (1,68)), thitung berada pada daerah penolakan H0 maka H0 ditolak artinya terdapat pengaruh. Peningkatan pemahaman siswa dilihat dari perbandingan antara nilai pretest dengan nilai posttest. Rata-rata nilai pretest kelas komik (43,86) sedangkan kelas konvensional (40,45). Rata-rata nilai posttest kelas komik (74,09) lebih tinggi daripada kelas konvensional (51,27). Hasil uji gain pemahaman siswa diperoleh gain kelas komik sebesar (0,54) lebih besar daripada kelas konvensional sebesar (0,18) Peningkatan pemahaman kelas komik tergolong sedang dengan faktor gain sebesar (0,54), sedangkan kelas konvensional tergolong rendah dengan faktor gain sebesar (0,18). Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu ada pengaruh media komik IPA terhadap hasil belajar dan tingkat pemahaman siswa, dimana hasil belajar aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan kelas komik lebih tinggi daripada kelas konvensional, sedangkan tingkat pemahaman siswa kelas komik lebih tinggi daripada kelas konvensional, dapat dilihat dari gain kelas komik tergolong sedang sedangkan kelas konvensional tergolong rendah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, komik, hasil belajar IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 10 Sep 2014 13:29
Last Modified: 19 Oct 2021 00:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30136

Actions (login required)

View Item View Item