KRISTANTI, MUSTIKA AYU BUDHI and , Drs. Djumadi, M.Kes (2014) Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dan Learning Together Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sambi Boyolali Tahun Pelajaran 2013/1014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (566kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (103kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (175kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (170kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (55kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (93kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (381kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran koopertaif tipe STAD (Student Team Achievement Divisions) dan Learning Together terhadap hasil belajar siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sambi Boyolali. Metode yang digunakan adalah metode STAD dan Learning Together yang dilaksanakan pada tiga kelas yang dipilih secara acak (random). Kelas yang digunakan untuk penelitian diberi perlakuan yang berbeda dengan materi yang sama. Analisa data uji statistik dibantu oleh program SPSS 15.0 for windows. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata kelas kontrol sebesar 82,17 lebih kecil dibandingkan kelas STAD 88,26 dan kelas Learning Together 86, 96. Pada uji hipotesis Kruskal-Wallis diperoleh Asymp. Sig 0,010 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak. Sedangkan pada uji lanjut Mann-Whitney U Test diperoleh hasil pada kelas kontol dan STAD diperoleh 0,04 < 0,05, yang berarti Ho ditolak; pada kelas STAD dan Learning Together diperoleh 0,522 > 0,05, yang berarti Ho diterima; dan pada kelas kontrol dan Learning Together 0,024 < 0,05, yang berarti Ho ditolak. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan: proses pembelajaran model STAD dan Learning Together lebih baik dibandingkan model pembelajaran konvensional atau ceramah dan kedua kelas eksperimen tersebut berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Sambi Boyolali tahun pelajaran 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode belajar STAD, Metode belajar Learning Together, Hasil belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 09 Sep 2014 13:30 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 00:14 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30102 |
Actions (login required)
View Item |