HASANAH, Siti Nur and , Drs. Slamet HW, M.Pd (2014) Peningkatan Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (PTK pada siswa kelas VIII semester genap SMP N 1 Gemolong Tahun 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhmmadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_JUDUL.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (192kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (541kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (358kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (421kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (275kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
||
PDF (Naskah Publikasi)
02._ARTIKEL_PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (689kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengkaji dan mendeskripsikan penggunaan strategi pembelajaran CIRC untuk meningkatkan kemampuan penalaran dan komunikasi matematika siswa. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Gemolong yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran CIRC dapat meningkatkan kemampuan penalaran dan komunikasi matematika siswa. Hal ini dapat dilihat dari indikator penalaran meliputi 1) Kemampuan menggunakan rumus secara tepat dalam menyelesaikan soal sebelum tindakan sebanyak (21,21%), dan di akhir tindakan sebanyak (75,75%). 2) Kemampuan melakukan operasi hitung dengan benar sebelum tindakan sebanyak (18,18%), dan di akhir tindakan sebanyak (63,63%). 3) Kemampuan menarik kesimpulan sebelum tindakan sebanyak (18,18%), dan di akhir tindakan sebanyak (54,54%). Sedangkan indikator komunikasi meliputi 1) Kemampuan siswa dalam mengemukakan ide dengan berbicara sebelum tindakan sebanyak (15,15%), dan di akhir tindakan sebanyak (69,69%). 2) Kemampuan mengungkapkan gagasan melalui symbol, tabel, diagram atau gambar sebelum tindakan (24,24%), dan di akhir tindakan sebanyak (75,75%). Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi pembelajaran CIRC dapat meningkatkan kemampuan penalaran dan komunikasi matematika siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan penalaran; kemampuan komunikasi; strategi pembelajaran CIRC |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 09 Sep 2014 13:24 |
Last Modified: | 16 Oct 2021 02:46 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30101 |
Actions (login required)
View Item |