Konflik Batin Dalam Novel Moga Bunda Disayang Allah Karya Tere Liye: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Indonesia Di SMA

Lania, Weny and , Dr. Nafron Hasjim (2014) Konflik Batin Dalam Novel Moga Bunda Disayang Allah Karya Tere Liye: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Indonesia Di SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (387kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (37kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan struktur yang terdapat pada novel MBDA, (2) mendeskripsikan konflik batin yang dikaji dengan teori psikologi sastra pada novel MBDA, (3) mendeskripsikan implementasi hasil penelitian novel MBDA karya Tere Liye sebagai bahan ajar bahasa dan sastra Indonesia di SMA. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Strategi penelitian terpancang dan studi kasus. Objek penelitian yaitu konflik batin pada novel MBDA dengan tinjauan psikologi sastra dan implementasinya sebagai bahan ajar sastra Indonesia di SMA. Data kualitatif berupa kata, frasa, kalimat, dan wacana yang berhubungan dengan struktur dan konflik batin dalam novel MBDA. Sumber data primer yaitu novel MBDA dan data sekunder dari internet. Teknik pengumpulan data yaitu teknik pustaka, simak, dan catat. Teknik validitas data yaitu teknik triangulasi data dan teoritis. Teknik analisis data menggunakan pembacaan model semiotik, terdiri atas pembacaan heuristik dan hermeneutik. Hasil analisis struktural meliputi tema, yaitu keterbatasan bukan akhir dari segalanya karena berusaha, sabar, ikhlas, dan bersyukur adalah kunci kebahagiaan. Penokohan yaitu Melati, Karang, Bunda, Tuan HK, Salamah, Ibu-ibu Gendut, dan Kinasih. Alur yang digunakan adalah alur maju. Latar dibagi menjadi tiga, yaitu (1) latar tempat, meliputi laut, ruang makan keluarga HK, dan pelabuhan kota, (2) latar waktu, meliputi waktu penceritaan novel selama empat minggu ketika pagi, siang, dan malam hari dan (3) latar sosial yaitu menggambarkan kehidupan keluarga kaya dan masyarakat sederhana. Konflik batin dalam novel MBDA karya Tere Liye menggunakan teori kepribadian Sigmund Freud dengan wujud konflik batin antara: (1) rasa ingin tahu dan keterbatasan (id dan ego), (2) memilih menikah atau keluarga HK (id dan superego), (3) tidak bisa melupakan kenangan buruk dan lari dari kehidupan (id dan ego), (4) harapan dan kenyataan (ego dan superego), dan (5) mempertahankan dan melepaskan (id,ego, dan superego).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konflik Batin, Psikologi Sastra, Novel Moga Bunda Disayang Allah, Implementasi Pembelajaran Sastra.
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 09 Sep 2014 08:23
Last Modified: 20 Oct 2021 01:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30069

Actions (login required)

View Item View Item