Prestasi Belajar Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Dan Fasilitas Belajar Pada Mata Kuliah Komputer Akuntansi I Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UMS Angkatan 2010

Widhiatmoko, Irfan and , Dr. Sabar Narimo, M.M., M.Pd (2014) Prestasi Belajar Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Dan Fasilitas Belajar Pada Mata Kuliah Komputer Akuntansi I Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UMS Angkatan 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (413kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (48kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (43kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (234kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh aktivitas belajar mahasiswa terhadap prestasi belajar Komputer Akuntansi I. 2) Untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar mahasiswa terhadap prestasi belajar Komputer Akuntansi I. 3) Untuk mengetahui pengaruh aktivitas belajar mahasiswa dan fasilitas belajar mahasiswa terhadap prestasi belajar Komputer Akuntansi I. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program studi pendidikan akuntansi FKIP UMS angkatan 2010. Sampel diambil sebanyak 123 mahasiswa dengan teknik proportional random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi. Hal ini dapat dilihat dari persamaan regresi linier sebagai berikut Y = 59,315 + 0,473X1 + 0,221X2, Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar Komputer Akuntansi I dipengaruhi oleh aktivitas belajar mahasiswa dan fasilitas belajar mahasiswa. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Aktivitas belajar mahasiswa berpengaruh positif terhadap prestasi belajar Komputer Akuntansi I mahasiswa program studi pendidikan akuntansi FKIP UMS angkatan 2010dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, 4,174 > 1,980 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan relatif sebesar 79% dan sumbangan efektif 43,8%. 2) Fasilitas belajar mahasiswa berpengaruh positif terhadap prestasi belajar Komputer Akuntansi I mahasiswa program studi pendidikan akuntansi FKIP UMS angkatan 2010 dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,176 > 1,980 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,032 dengan sumbangan relatif sebesar 21% dan sumbangan efektif 11,7%. 3) Aktivitas belajar mahasiswa dan fasilitas belajar mahasiswa terhadap prestasi belajar Komputer Akuntansi I mahasiswa program studi pendidikan akuntansi FKIP UMS angkatan 2010dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 11,051 > 3,070 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4). Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,555 menunjukkan bahwa besarnya aktivitas belajar mahasiswa dan fasilitas belajar mahasiswa terhadap prestasi belajar Komputer Akuntansi I mahasiswa program studi pendidikan akuntansi FKIP UMS angkatan 2010adalah sebesar 55,5%, sedangkan sisanya sebesar 44,5% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: aktivitas belajar, fasilitas belajar dan prestasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 03 Sep 2014 12:24
Last Modified: 17 Oct 2021 14:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30002

Actions (login required)

View Item View Item