Konflik Politik Dalam Novel Pulang Karya Leila Salikha Chudori: Tinjauan Sosiologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA

Pradipta, Aditya Doni and , Dr. Nafron Hasjim and , Dra. Main Sufanti, M.Hum. (2014) Konflik Politik Dalam Novel Pulang Karya Leila Salikha Chudori: Tinjauan Sosiologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (268kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (194kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (961kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (665kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (543kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (78kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (528kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah (1) memaparkan latar sosio-historis Leila Salikha Chudori pengarang novel Pulang, (2) mendeskripsikan struktur yang membangun novel Pulang, (3) mengungkapkan konflik politik dalam novel Pulang, (4) memaparkan implementasi hasil penelitian novel Pulang karya Leila Salikha Chudori sebagai bahan ajar sastra di SMA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah konflik politik dalam dalam novel Pulang karya Leila Salikha Chudori tinjauan sosiologi sastra. Data dalam penelitian ini, yaitu kalimat dan wacana dalam novel Pulang. Sumber data penelitian ini yaitu novel Pulang karya Leila Salikha Chudori. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik pustaka, simak, dan catat. Validitas data menggunakan trianggulasi teoretis. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data secara dialektika. Berdasarkan hasil analisis struktural, tema utama dalam novel Pulang adalah keberhasilan perjuangan empat orang eksil politik di Paris untuk pulang ke Indonesia. Tokoh-tokoh dalam novel yaitu Dimas Suryo, Hananto, Nugroho, Risjaf, Tjai, Surti, Vivienne, Lintang, Aji Suryo, Alam, Narayana, Bimo, Rama, Andini, Kenanga, Bang Amir, Letkol Prakosa, Sumarno, Mita, Retno, Rukmini, dan Pak R. Alur dalam novel Pulang karya Leila Salikha Chudori yaitu alur campuran. Latar novel Pulang terjadi di Paris dan Jakarta pada tahun 1952-1998. Berdasarkan tinjauan sosiologi sastra, konflik politik dalam novel Pulang dibagi menjadi dua, yaitu senjata-senjata pertempuran dan strategi politik. Senjata-senjata pertempuran yang terdapat dalam novel Pulang karya Leila Salikha Chudori ada empat bentuk, yaitu (a) kekerasan fisik, (b) kekayaan, (c) organisasi, dan (d) media informasi. Strategi politik yang terdapat dalam novel Pulang karya Leila Salikha Chudori ada tiga bentuk ,yaitu (a) perjuangan terbuka dan perjuangan tersembunyi, (b) pergolakan di dalam rezim dan perjuangan untuk mengontrol rezim, dan (c) kamuflase. Implementasi hasil penelitian novel Pulang karya Leila Salikha Chudori sebagai bahan ajar sastra di SMA relevan dengan standar kompetensi 7. Memahami berbagai hikayat, novel Indonesia/novel terjemahan dengan kompetensi dasar 7.2. Menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/terjemahan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: konflik politik, novel Pulang, sosiologi sastra
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 29 Aug 2014 12:16
Last Modified: 19 Oct 2021 14:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29964

Actions (login required)

View Item View Item