Napiah, Siti Maspiatun and , Drs. Slamet HW, M.Pd (2014) Peningkatan Kedisiplinan Dan Keaktifan Belajar Matematika Siswa Melalui Strategi Genius Learning (PTK Pada Siswa Kelas VIIIC Semester Genap di SMP Negeri 2 Banyudono Tahun Ajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (332kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (689kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (95kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (284kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (504kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (178kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kedisiplinan dan keaktifan belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi Genius Learning pada siswa kelas VIIIC SMP Negeri 2 Banyudono. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, observasi,catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah proses analisis data, penyajian data, dan verifikasi data (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan kedisiplinan belajar matematika siswa yang dapat dilihat dari indikator- indikatornya yaitu: 1) siswa disiplin datang tepat waktu ke sekolah sebelum tindakan 21,21%, setelah tindakan siklus II 81,82%, 2) Siswa disiplin mengikuti KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) sebelum tindakan 15,15%, setelah tindakan siklus II 75,76%, 3) siswa disiplin mengerjakan tugas sebelum tindakan kelas 18,18%, setelah tindakan siklus II 69,69%, 4) Siswa disiplin mengumpulkan tugas tepat waktu sebelum tindakan 12,12%, setelah tindakan siklus II 72,73. Peningkatan keaktifan belajar matematika siswa: 1) siswa aktif mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 12,12%, setelah tindakan siklus II 66,67%, 2) siswa aktif mempersentasikan hasil diskusi sebelum tindakan 9,09%, setelah tindakan siklus II 78,79%, 3) siswa aktif menjawab pertanyaan sebelum tindakan 15,15%, setelah tindakan siklus II 75,76%, 4) siswa aktif mengerjakan soal didepan kelas sebelum tindakan 18,18%, setelah tindakan siklus II 69,69%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi genius learning, kedisiplinan, keaktifan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 22 Aug 2014 12:14 |
Last Modified: | 14 Oct 2021 06:34 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29929 |
Actions (login required)
View Item |