Kritik Sosial Dalam Novel Negeri Para Bedebah Karya Tere Liye: Tinjauan Sosiologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA

Wisnu W, Muhammad handri and , Dra. Main Sufanti, M.Hum. and , Drs. H. Djoko Santoso, M. Ag. (2014) Kritik Sosial Dalam Novel Negeri Para Bedebah Karya Tere Liye: Tinjauan Sosiologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASII.pdf

Download (360kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (315kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (72kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (438kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (37kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) memaparkan latar belaang novel NPB karya Tere Liye dan biografi pengarang (2) memaparkan struktur yang membangun novel NPB karya Tere Liye (3)memaparkan kritik sosial yang terkandung dalam novel Negeri Para Bedebah karya Tere Liye (4) Bagaimana implementasi kritik sosial yang terkandung dalam novel NPB karya Tere Liye pada pembelajaran sastra di MA Al-Islam Jamsaren Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data penelitian ini yaitu kalimat dan wacana dalam novel NPB. Sumber data penelitian yaitu novel NPB karya Tere Liye. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik baca, simak, dan catat. Teknik analisis data menggunakan pembacaan heuristik dan hermeneutik. Struktur novel NPB sebagai berikut. (1) Temanya adalah kapitalis di bidang ekonomi mengumpulkan harta dengan berbagai cara. (2) Fakta cerita novel NPB yaitu: (a) penokohannya menghasilkan tokoh berdasarkan sifat dan peran, aspek, dan perwatakannya, (b) alurnya adalah alur maju, dan (c) latarnya meliputi latar tempat (Waduk Jatiluhur, Jakarta, Bali, singapura), latar waktu (berlangsung selama tiga hari, yaituhari jumatsampai hari senin pukul 08.00). Wujud kritik sosial dalam novel NPB adalah sebagai berikut. (1) Kritik kapitalisme berwujud kapitalisborjuis dan kapitalis birikrat. (2) Kritik korupsi berwujud korupsi infestif dan korupsi transaktif. (3)Kritik tentang pelanggaran HAM berwujud pembakaran, pembunuhan,penyksaan. Hasil implementasi kritik social dalam nov NPB yaitu (1) kritik sosial dalam novel NPB relevan dengan KD 7.2 menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/terjemahan, (2) kritik sosial dalam novel NPB relevan dengan keadaan masyrakat Indonesi, saat ini yang sedang mengalami krisis moral, dan (3) kritik sosial dalam novel NPB dapat diimplementasikan sebagai bahan ajar sastra di SMA.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Novel Negeri Para Bedebah, Kritik Sosial, Soiologi sastra, implementasi
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Aug 2014 12:15
Last Modified: 19 Oct 2021 13:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29865

Actions (login required)

View Item View Item