Pengembangan Kemampuan Emosional Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Kelompok B Taman Kanak- Kanak Pertiwi Mlese II Cawas Klaten Tahun Ajaran 2013/2014

SISWANTI, HENY ANITA and , Drs. H. Sutan Syahrir Zabda, M.Hum. (2014) Pengembangan Kemampuan Emosional Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Kelompok B Taman Kanak- Kanak Pertiwi Mlese II Cawas Klaten Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
01_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (382kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
02_BAB_I.pdf

Download (193kB)
[img] PDF (Bab II)
03_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img] PDF (Bab III)
04_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (419kB)
[img] PDF (Bab IV)
05_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (562kB)
[img] PDF (Bab V)
06_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
07_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (106kB)
[img] PDF (Lampiran)
08_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
09_PUBLIKASI.pdf

Download (524kB)

Abstract

Kemampuan emosional adalah salah satu aspek perkembangan yang dapat menjadikan anak agar dapat mengendalikan emosinya secara wajar dan dapat berinteraksi dengan sesamanya maupun orang dewasa dengan baik serta menolong dirinya sendiri dalam rangka kecakapan hidup. Metode bermain peran adalah salah satu metode dimana anak dapat memerankan tokoh-tokoh yang ada di sekitar anak, anak berperan menjadi seseorang yang diinginkan, dan tanpa diatur dengan dialog yang sesuai dengan imajinasi anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan emosional melalui metode bermain peran pada anak kelompok B Taman Kanak-kanak Pertiwi Mlese II Cawas Klaten Tahun Ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini direncanakan terdiri dari dua siklus. Tiap siklus terdapat tiga kali pertemuan dengan 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B Taman Kanak-kanak Pertiwi Mlese II kecamatan Cawas kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 20 anak, terdiri dari 8 anak laki-laki dan 12 anak perempuan. Metode yang dipakai oleh peneliti untuk mendapatkan informasi tersebut dengan menggunakan observasi dan dokumentasi. Metode analisis data dilakukan dengan dengan analisis deskriptif komparatif dan analisis kritis. Penelitian ini dianggap sudah berhasil apabila telah mencapai target minimal 80%. Berdasarkan analisis data yang dilakukan didapat hasil berupa perkembangan kemampuan emosional pada kondisi pra siklus sebesar 49,38%, siklus 1 sebesar 66,88% dan pada siklus 2 sebesar 83,13%. Dari hasil tersebut maka hipotesis tindakan yang berbunyi “diduga kemampuan emosional dapat dikembangkan melalui metode bermain peran pada anak kelompok B Taman Kanak-kanak Pertiwi Mlese II Cawas Klaten Tahun Ajaran 2013/2014” adalah benar dan dapat diterima.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan emosional, metode, bermain peran.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2014 12:14
Last Modified: 20 Oct 2021 04:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29857

Actions (login required)

View Item View Item