Hidayati, Nurul and , Drs. Ilham Sunaryo, M.Pd and , Sri Slamet, S.Pd, M.Hum. (2014) Pengaruh Metode Baca Global Terhadap Kemampuan Membaca Awal Anak Kelompok B Di TK Majelis Tafsir Al-Qur’an (Mta) Gemolong Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (31kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (56kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (50kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (180kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (16kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh dan seberapa besar pengaruh metode baca global terhadap kemampuan membaca anak. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelompok B di TK Majlis Tafsir Al-Qur’an (MTA) Gemolong Sragen yang berjumlah 40 anak yaitu 21 anak perempuan dan 19 anak laki-laki. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian ini adalah dengan uji independent sampel t-test. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pembelajaran metode baca global terhadap kemampuan membaca awal pada anak prasekolah di TK Majlis Tafsir Al-Qur’an (MTA) Gemolong Sragen tahun 2013/2014, hal ini dapat dibuktikan bahwa “metode baca global lebih dapat mengembangkan kemampuan membaca awal anak dibanding penggunaan metode lain di TK Majlis Tafsir Al-Qur’an (MTA) Gemolong Sragen tahun 2013/2014, hal tersebut nampak dari nilai rata-rata kecerdasan bahasa anak sebelum mendapat perlakuan 18,43 dan setelah dilakukan pemberian pembelajaran metode baca global kemampuan membaca anak mengalami peningkatan sebesar 25,14. Kesimpulan ini berdasarkan uji-t diperoleh thitung > ttabel yaitu 9,245 > 2,704, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa ada pengaruh metode baca global terhadap kemampuan membaca awal anak kelompok B di TK Majlis Tafsir Al-Qur’an (MTA) Gemolong Sragen Tahun 2013/2014, terbukti kebenarannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode baca global, kemampuan membaca |
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 14 Jul 2014 12:52 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 11:50 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29799 |
Actions (login required)
View Item |