Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Media Pembelajaran Flanel Alfabet Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas 1 SD Negeri 5 Sendangharjo Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2013/2014

Sari, Yunita Purnama and , Dra. Ratnasari Diah Utami, M.Si., M.Pd (2014) Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Media Pembelajaran Flanel Alfabet Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas 1 SD Negeri 5 Sendangharjo Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (377kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (300kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB_I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (46kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi melalui media pembelajaran flanel alfabet mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas I SD Negeri 5 Sendangharjo Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas I SD Negeri 5 Sendangharjo yang berjumlah 19 siswa, subjek pelaku tindakan yaitu peneliti yang bertindak sebagai guru. Objek penelitian ini yaitu keterampilan menulis puisi melalui media pembelajaran flanel alfabet. Teknik pengumpulan data yang digunakan: observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan deskriptif kualitatif yang meliputi tahap pengumpulan data, tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan keterampilan menulis puisi yang dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata dan prosentase ketuntasan pada setiap siklusnya. Pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan nilai rata-rata kelas 66,31 dengan prosentase ketuntasan sebesar 68,42%, siklus I pertemuan I nilai rata-rata 71,47 dengan prosentase ketuntasan sebesar 73,68% dan pertemuan II nilai rata-rata 82,10 dengan prosentase ketuntasan sebesar 84,21%. Pada siklus II pertemuan I nilai rata-rata 85,26 dengan prosentase ketuntasan sebesar 89,47% dan pertemuan II mengalami peningkatan nilai hasil keterampilan menulis puisi dengan rata-rata 92,10 dengan prosentase ketuntasan sebesar 94,73%. Selain itu, keterampilan guru dan aktivitas siswa yang diamati dalam lembar observasi juga mengalami peningkatan. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa media pembelajaran flanel alfabet dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas I SD Negeri 5 Sendangharjo Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis Puisi, media pembelajaran flanel alfabet
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 08 Jul 2014 08:25
Last Modified: 20 Oct 2021 00:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29763

Actions (login required)

View Item View Item