Ningrum, Aprisia Mawinda and , Drs. Sofyan Anif, M.Si (2014) Penggunaan Strategi Reading Guide Kombinasi Scramble Sebagai Upaya Meningkatan Minat Belajar Dalam Pembelajaran Biologi Pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 3 Colomadu Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_Depan.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf Download (27kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (70kB) |
||
PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) |
||
PDF (Bba IV)
6._Bab_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) |
||
PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (22kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (22kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf Download (820kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar dalam pembelajaran Biologi pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 3 Colomadu Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014 dengan menggunakan strategi Reading Guide kombinasi Scramble. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 3 Colomadu Kabupaten Karanganyar yang berjumlah 32 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan atau narasumber serta tempat dan peristiwa berlangsungnya aktivitas pembelajaran tersebut. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Diharapkan minat belajar dengan penggunaan strategi Reading Guide kombinasi Scramble dalam pembelajaran Biologi pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 3 Colomadu Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014 dapat meningkat minimal 75% dari 32 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat minat belajar siswa kelas VIII C SMP Negeri 3 Colomadu Kabupaten Karanganyar pada pembelajaran Biologi sebelum dilakukan tindakan masih rendah, hanya 12 orang (37,50%) yang memiliki minat tinggi. Setelah dilakukan tindakan dengan menggunakan strategi Reading Guide kombinasi Scramble, siklus pertama meningkat menjadi 18 anak (56,25%). Siklus kedua meningkat menjadi 26 siswa (81,25%). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas tersebut terbukti dengan menggunakan strategi Reading Guide kombinasi Scramble dapat meningkatkan minat belajar dalam pembelajaran Biologi pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 3 Colomadu Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat Belajar, Reading Guide, Scramble |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 08 Jul 2014 06:30 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 18:49 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29750 |
Actions (login required)
View Item |