Kartikasari, Fitri and , Dra. Main Sufanti, M.Hum. and , Drs. Adyana Sunanda, (2014) Nilai Edukatif Novel Surat Dahlan Karya Khrisna Pabichara Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Sastra Indonesia Di Kelas VIII SMP N 1 Surakarta (Tinjauan Semiotik). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (397kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (411kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (100kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (256kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (173kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (574kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (93kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (624kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) memaparkan latar sosio-historis pengarang novel Surat Dahlan, 2) memaparkan struktur novel Surat Dahlan, 3) memaparkan nilai edukatif novel Surat Dahlan, dan 4) mendeskripsikan hasil implementasi nilai edukatif dalam novel Surat Dahlan karya Khrisna Pabichara dalam pembelajaran sastra Indonesia. Data penelitian ini adalah kata-kata, kalimat, dan paragraf yang terdapat dalam novel Surat Dahlan karya Khrisna Pabichara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dan menggunakan pendekatan semiotik versi Saussurre. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik kepustakaan, catat, wawancara, dan angket atau kuesioner. Teknik validasi data dalam penelitian ini menggunakan teknik trianggulasi data dan trianggulasi teori. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik pembacaan model semiotik yakni pembacaan heuristik dan hermeneutik. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Berdasarkan analisis latar sosio-historis, Khrisna Pabichara lahir di Makassar. Bakat menulis yang dimiliki serta pengaruh latar belakang sosial budaya Khrisna Pabichara membawa dirinya dalam menghasilkan berbagai karya sastra yang berupa puisi, cerpen, novel, dan esai. Analisis struktural dalam novel Surat Dahlan, yaitu tema adalah semangat untuk memperjuangkan kehidupan, alur yang digunakan adalah alur campuran, penokohan terdiri dari tokoh utama, Dahlan dan Nafsiah, dan tokoh tambahan, Mbak Atun, Mas Sam, Bapak, Zain, Syaiful, Syarifuddin, dll., latar tempat Surat Dahlan adalah Samarinda, Surabaya, Jakarta, dan Tianjin Cina, sedangkan latar waktu terjadi pada tahun 1970-2007, serta latar sosial yang diceritakan adalah latar sosial kehidupan Dahlan yang sederhana yang memperjuangkan hidup di perantauan demi cita-cita dan latar sosial kehidupan masyarakat Samarinda yang masih kental akan budaya. Nilai edukatif yang terdapat dalam novel Surat Dahlan adalah nilai bekerja keras (7 data), nilai cinta dan kasih sayang (18 data), nilai kesabaran (6 data), nilai tanggung jawab (3 data), dan nilai bersyukur (7 data). Nilai edukatif novel Surat Dahlan diimplementasikan dalam pembelajaran sastra Indonesia di kelas VIII semester 2, SMP N 1 Surakarta sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar pada KTSP dan kompetensi inti dan kompetensi dasar Kurikulum 2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | nilai edukatif, novel Surat Dahlan, implementasi, semiotik |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 01 Jul 2014 09:29 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 11:36 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29673 |
Actions (login required)
View Item |