Pengarusutamaan Gender Dalam Buku Materi Ajar Pendidikan Anak Usia Dini Berjudul Ceppi

Sejati, Yasa Griya and , Dr. Darsinah, M. Si and , Junita Dwi Wardhani, SE. M,Ed (2014) Pengarusutamaan Gender Dalam Buku Materi Ajar Pendidikan Anak Usia Dini Berjudul Ceppi. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (391kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (107kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (85kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (581kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengarusutamaan gender yang terdapat dalam buku materi ajar anak. Khususnya dalam aspek pekerjaan pada materi ajar yang ada di didalam buku Cepat Pintar (CEPPI) edisi 7 terbitan ke 7 tema Pekerjaan untuk PAUD. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Obyek penelitian ini adalah buku materi ajar CEPPI. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pustaka, simak, catat dan pengamatan. Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian yang dibantu oleh rambu-rambu penelitian. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah analisis konteks dengan menggunakan metode heuristik dan hermeneutik pada gambar ilustrasi dan kalimat dalam isi buku materi ajar anak, dan pengambilan kesimpulan. Kepastian atau confirmability yang digunakan untuk menjelaskan keabsahan data dengan mengecek data dan informasi serta interpretasi peneliti. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pengarusutamaan gender pada gambar yaitu Kurang Berperspektif Gender, pada kalimat yaitu Sangat Berperspektif Gender dan pada keseluruhan isi buku materi ajar Pendidikan Anak Usia Dini berjudul Cepat Pintar (CEPPI) yang dianalisis menghasilkan sebuah penelitian yang berkategori Cukup Berperspektif Gender dalam aspek pengarusutamaan gender.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengarusutamaan gender, buku CEPPI dan PAUD
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 25 Jun 2014 12:19
Last Modified: 16 Oct 2021 14:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29596

Actions (login required)

View Item View Item